Publikasi Buku

Proses Desain Cover Buku Yang Memikat

Proses Desain Cover Buku yang Memikat

Proses Desain Cover Buku yang Memikat – Desain cover buku merupakan tahap penting dalam menciptakan daya tarik pada pembaca potensial. Dalam proses ini, perlu mempertimbangkan elemen kreatif, termasuk gambar, warna, dan tipografi yang relevan dengan isi buku.

Baca Juga | Jenis Cover Buku

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Cover Buku?

Proses Desain Cover Buku yang Memikat

Perlu Anda ketahui sebelum lanjut ke pembahasan utama Proses Desain Cover Buku yang Memikat! Cover atau sampul buku adalah bagian pertama yang memperkenalkan sebuah buku kepada pembaca.

Cover ini mencakup judul buku, nama pengarang, nama penerbit, dan gambar yang mampu mewakili esensi buku tersebut.

Dan tidak hanya itu, bagian belakang sampul buku juga memiliki peran penting dengan menyajikan sinopsis atau ulasan isi buku, ISBN, alamat penerbit, bahkan ada yang mencantumkan biografi penulis.

Dalam istilah lain, cover buku bisa dianggap sebagai kulit yang melingkupi isi buku, terdiri dari bagian depan (front cover) dan bagian belakang (back cover).

Sebuah cover buku memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan nilai jualnya. Oleh karena itu, desainnya haruslah menarik.

Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan proses perancangan yang melibatkan tahapan-tahapan tertentu. Tahapan pertama adalah menentukan konsep desain untuk cover buku tersebut.

Dalam hal ini, digunakanlah konsep desain yang disebut “Prasi”, yang sesuai dengan judul buku, yaitu “Lontar”.

Prasi, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, merujuk pada lembaran lontar bergambar, sering kali berisi ragam gambaran. Dengan demikian, keselarasan antara gambar pada sampul buku dan judulnya dapat tercapai.

Selain itu, penggunaan warna dasar hitam memberikan kesan elegan, sementara garis-garis coklat memberikan sentuhan tradisional. Hal ini selaras dengan tema buku yang mengangkat kidung klasik dengan usia yang telah berabad-abad.

Jadi sangat penting untuk Anda mengetahui apa itu cover buku dan jenis cover buku. Tentu saja karena ini akan berpengaruh pada popularitas buku tersebut.

Dengan perpaduan konsep desain yang unik dan penggunaan warna yang tepat, diharapkan cover buku ini dapat menarik minat pembaca sekaligus mencerminkan isi dalamnya.

Proses Desain Cover Buku yang Memikat

Proses Desain Cover Buku yang Memikat

Tanpa basa-basi lagi berikut ini berikut adalah proses membuat desain cover buku:

1. Menemukan Inspirasi dan Ide untuk Desain Cover Buku

Proses desain cover buku yang memikat yang pertama adalah mencari inspirasi desain yang pas untuk cover buku kamu. Bagian utama dari sebuah cover buku yang harus kamu perhatikan adalah kekuatan dalam menyampaikan pesan yang ditampilkan dari desain visualnya. 

Jadi kamu harus benar-benar memperhatikan bahwa cover buku yang kamu buat bisa mencuri perhatian orang-orang yang menjadi target pasar kamu.

Ada banyak cara untuk mendapatkan inspirasi ini. Bisa dengan melihat buku-buku dengan genre yang sama atau bisa juga dengan mencari referensi melalui internet.

Jadi teruslah mencari inspirasi baru dan terus berinovasi supaya buku anda bisa menjadi salah satu buku best seller.

2. Cari Rekomendasi Software Desain Cover Buku

Dalam proses desain cover buku yang memikat kamu pasti harus melalui pemilihan softaware. Nah Proses desain cover sebuah buku bsia kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi digital.

Umumnya semua aplikasi desain bisa kamu gunakan untuk mendesain cover buku. Jika kamu masih pemula kami rekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Canva, karena tidak hanya mudah Canva juga memiliki tampilan yang simpel jadi sangat pas di gunakan untuk pemula.

Sementara itu untuk kamu yang telah mahir mendesain cover buku, kamu bisa menggunakan aplikasi professional seperti Adobe InDesign dan Adobe Photoshop.

3. Memilih Elemen Grafis (Proses Desain Cover Buku yang Memikat)

Apabila kamu berencana untuk mempublikasikan buku secara luas, kamu harus mempertimbangkan penggunaan elemen-elemen visual pada desain sampul buku yang kamu buat.

Hal ini berkaitan dengan hak cipta yang biasanya terdapat pada gambar yang tersebar internet. Jika kamu menggunakan gambar dengan copyright secara ilegal, maka ini bisa menjadi masalah besar kedepannya.

Jadi untuk mengatasinya, kamu harus mengetahui dari mana sumber desain dan gambar yang digunakan pada cover buku tersebut.

4. Menentukan Dimensi Cover Buku

Pada proses desain cover buku yang memikat ada saat kamu menentukan dimensi cover. Jika kamu akan membuat sebuah buku digital, Amazon telah merekomendasikan ukuran ideal yaitu 2,560×1,600 pixels untuk sampul buku digital. 

Tapi untuk rasio lainnya bisa kamu sesuaikan sesuai keinginan yah.

Untuk buku cetak ini lebih rumit dari buku digital. Setiap genre buku mempunyai standar ukuran spesifik yang biasa digunakan pada tempat percetakan. Dibawah ini adalah standar ukuran buku sesuai genre:

  1. Buku Fiksi : 4.25″ x 6.87″, 5″ x 8″, 5.25″ x 8″, 5.5″ x 8.5″, 6″ x 9″
  2. Buku Novel : 5″ x 8″
  3. Buku Anak-anak : 7.5″ x 7.5″, 7″ x 10″, 10″ x 8″
  4. Buku Teks : 6″ x 9″, 7″ x 10″, 8.5″ x 11″
  5. Buku Non-fiksi : 5.5″ x 8.5″, 6″ x 9″, 7″ x 10″
  6. Buku Biografi : 5.25″ x 8″, 5.5″ x 8.5″
  7. Buku Fotografi : Ukuran Bebas Sesuai Keinginan

Tidak hanya soal ukuran, Penting juga untuk mempertimbangkan jumlah halaman, ketebalan kertas yang akan kamu gunakan, dan layout huruf pada cover belakang. Kedua faktor ini kedepannya akan menentukan ketebalan punggung buku yang akan dipakai sebagai kerangka cover.

5. Memilih Tipografi (Proses Desain Cover Buku yang Memikat)

Selanjutnya yaitu kamu wajib memilih tipografi. Elemen tipografi atau penggunaan huruf-huruf pada cover buku kamu juga menjadi hal esensial lain yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih tipografi yang sesuai untuk cover buku:

  1. Perhatikan penataan teks pada desain cover populer dari genre buku sejenis. Perhatikan jenis font yang dipakai, serif atau sans serif. Seberapa ‘tebal/berat’ teks yang digunakan. 
  2. Kamu bisa menambahkan variasi. Jauhi penggunaan jenis font yang sama pada cover buku untuk memberikan informasi terkait judul, nama penulis, dan tagline. Silahkan pilih 2 sampai 3 variasi font yang berbeda untuk kamu gunakan pada teks di cover buku. 
  3. Pokus dengan teks pada judul buku, bukan nama. Perlu diingat untuk menyesuaikan ukuran nama penulis supaya tidak lebih besar daripada judul buku. Kamu tidak perlu memberikan kalimat seperti “Ditulis oleh” atau “Novel oleh”.
  4. Silahkan cantumkan informasi yang benar-benar relevan untuk diketahui oleh pembaca. Misalnya Judul buku, nama penulis, tagline/nama penerbit sudah cukup untuk dicantumkan pada cover buku. Dan juga hindarilah informasi yang tidak perlu.

6. Mengumpulkan Feedback

Apabila kamu kebingungan ketika menentukan pilihan dari dua desain cover buku, Ingat untuk meminta pendapat kepada calon pembacamu.

Salah satu cara memilih desain terbaik untuk sampul bukumu adalah dengan meminta beberapa orang atau teman untuk memilih salah satu dari desain yang kamu buat untuk bukumu nanti. 

Bagian-bagian Cover Buku

Sebelum masuk lebih jauh tentang jenis cover buku, kita akan mengenal lebih tentang apa itu cover buku. Apakah Anda mengetahui ada berapa bagian cover buku?

Sampul buku terdiri 3 sisi. Penasaran apa saja ketiga sampul itu? Simak sampai pembahasan selengkapnya dibawah ini ya!

1. Cover Depan

Cover depan buku adalah bagian pertama dari sampul buku yang berfungsi sebagai penutup bagian depan buku dan merupakan bagian yang pertama kali dilihat oleh pembaca.

Bagian ini umumnya mencakup judul buku, nama pengarang, dan gambar atau ilustrasi yang mewakili isi buku tersebut.

Tujuan dari cover depan buku adalah untuk menarik perhatian pembaca potensial dan menciptakan minat untuk membaca buku tersebut.

Fungsi dari cover depan buku adalah berperan dalam mencerminkan genre, tema, atau suasana buku secara visual. Dalam perancangannya, elemen-elemen seperti tipografi, pemilihan warna, dan tata letak digunakan untuk menciptakan kesan yang menarik dan memikat pembaca.

Dengan kata lain, cover depan buku adalah kartu nama pertama yang memperkenalkan buku dan memiliki peran penting dalam mempengaruhi pembaca dalam memilih untuk membaca buku tersebut atau tidak.

2. Cover Belakang

Cover belakang buku adalah bagian luar buku yang terletak di sisi belakang dan berfungsi untuk memberikan informasi tambahan kepada pembaca.

Perlu Anda ketahui biasanya, cover belakang buku mencakup beberapa elemen penting seperti sinopsis atau ulasan isi buku, nomor ISBN, alamat penerbit, dan kadang-kadang juga mencantumkan biografi penulis.

Sinopsis atau ulasan isi buku memberikan gambaran singkat tentang apa yang dapat diharapkan pembaca dari buku tersebut.

Nomor ISBN adalah identifikasi unik yang diberikan kepada buku untuk mempermudah penelusuran dan katalogisasi.

Dan alamat penerbit seringkali disertakan untuk memberikan informasi mengenai penerbit buku tersebut.

Bagian belakang cover buku memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembaca untuk membeli dan membaca buku.

Alasannya karena memberikan gambaran tentang isi buku serta memberikan informasi yang mendorong minat pembaca.

3. Punggung Buku

Cover samping buku adalah bagian luar dari buku yang melingkupi sisi samping buku tersebut. Biasanya terdiri dari kain, kertas, atau bahan lain yang menjaga keutuhan isi buku dan memberikan perlindungan.

Cover samping buku berfungsi untuk melindungi dan menjaga tampilan buku dari kerusakan fisik, seperti lipatan, goresan, atau debu yang dapat merusak halaman.

Dan tidak hanya itu, cover samping juga memberikan identitas visual pada buku, seperti judul buku, nama pengarang, dan mungkin logo penerbit.

Cover samping buku penting untuk memperindah tampilan keseluruhan buku dan memberikan kesan profesional.

Unsur Cover Buku

Proses Desain Cover Buku yang Memikat

Tidak hanya mengetahui Proses Desain Cover Buku yang Memikat, Cover buku juga memiliki unsur-unsur yang harus Anda perhatikan.

Tentu saja sebelum memasuki pembahasan utama tentang jenis cover buku, kita akan belajar unsur-unsur cover buku terlebih dahulu.

Untuk mengetahuinya, silahkan simak dibawah ini!

1. Nama Penulis

Dalam melihat elemen cover buku, penting untuk memperhatikan keberadaan identitas penulis. Penempatan identitas penulis ini bisa bervariasi, baik itu pada penutup depan, sisi buku, atau penutup belakang.

Kehadiran nama penulis di cover buku akan mempermudah pembaca dalam mencari buku berdasarkan penulisnya, bukan hanya berdasarkan judul buku semata.

Proses Desain Cover Buku yang Memikat adalah hal yang sulit tapi pasti bisa dilakukan jika kamu pantang menyerah.

2. Penerbit

Selain menyebutkan identitas penulisnya, kehadiran nama penerbit dalam halaman depan buku merupakan suatu keharusan.

Ternyata, nama penerbit ini memiliki peran yang sangat penting dalam menggambarkan jati diri sebuah buku.

Mengapa demikian? Sebab, beberapa penulis mengambil keputusan untuk menerbitkan karya mereka melalui suatu penerbitan yang khusus.

Selain itu, tak dapat disangkal bahwa nama penerbit juga memberikan nilai tambah yang berbeda-beda pada sebuah buku, sejalan dengan kredibilitas dan ragam jenis buku yang mereka cetak.

Baca Juga | Cara Menerbitkan Buku

3. Judul Buku

Judul buku memiliki peranan yang sangat penting dalam cover bukunya. Judul tersebut memiliki kekuatan untuk memengaruhi pembaca agar tertarik membeli dan mempermudah mereka dalam mencari buku tersebut.

Dalam merancang cover buku, sangatlah penting untuk menciptakan judul yang jelas dan menarik perhatian. Penting untuk memilih jenis huruf dan warna yang memberikan kejelasan, kemudahan, dan kecepatan dalam membaca judul tersebut.

Catat : Meskipun jenis cover buku berbeda tapi mereka tetap memiliki unsur cover buku yang harus terpenuhi.

4. Sinopsis Buku

Dalam konteks penerbitan buku, sinopsis memiliki peran yang sangat signifikan. Sinopsis tidak hanya menjadi elemen yang krusial pada halaman depan sebuah buku.

Sinopsis juga berperan penting dalam membantu calon pembaca untuk memperoleh gambaran singkat mengenai isi buku tersebut, yang pada gilirannya mempengaruhi keputusan mereka dalam membelinya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sinopsis buku menjadi salah satu faktor kunci yang tidak bisa diabaikan.

Proses Desain Cover Buku yang Memikat bisa menjadi mudah jika kamu konsisten.

5. Estetika

Pentingnya unsur estetika atau elemen estetis dalam suatu cover buku tidak dapat diabaikan. Unsur-unsur estetika ini meliputi foto, desain, gambar, warna, pemilihan font, serta penempatan isi pada cover.

Apabila berbagai unsur estetika pada cover buku diatur secara efektif, maka cover buku tersebut akan menjadi menarik dan bahkan mampu menciptakan identitas yang khas untuk buku tersebut.

Kesimpulan

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai Proses Desain Cover Buku yang Memikat semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman.

Terima kasih telah membaca!


FAQS

Apa yang dilakukan sebelum masuk ke proses desain sampul buku?

Menentukan konsep desain terlebih dahulu dengan orientasi kepada isi buku.

Bagaimana kesan buku tanpa gambar cover?

Tidak menarik!

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog