Publikasi Buku

Persyaratan Menerbitkan Buku

Persyaratan Menerbitkan Buku

Bagi kamu yang ingin mengetahui persyaratan menerbitkan buku, kamu bisa simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Menerbitkan buku adalah proses di mana seseorang atau penerbit mengubah sebuah naskah menjadi sebuah karya tulis yang dicetak dan didistribusikan kepada pembaca.

Proses ini melibatkan serangkaian langkah penting yang dimulai dari penulisan awal hingga buku siap disajikan di tangan pembaca.

Semua dimulai dengan penulis yang memiliki ide, imajinasi, dan kreativitas untuk menuangkan gagasan mereka ke dalam kata-kata.

Tentu saja sebelum kita masuk ke pembahasan utama yaitu Persyaratan Menerbitkan buku, kita harus mengetahui apa itu menerbitkan buku. Setelah menyelesaikan tulisannya, penulis dapat mencari penerbit yang tertarik dengan karyanya.

Penerbit kemudian melakukan proses peninjauan dan evaluasi untuk menilai kualitas dan potensi buku tersebut.

Jika buku diterima, penerbit bekerja sama dengan penulis untuk mengedit dan menyempurnakan naskah.

Proses ini melibatkan penyuntingan teks, perbaikan tata bahasa, dan penyesuaian konten agar buku terbaca dengan baik dan menarik bagi pembaca potensial.

Read More | Cara Menerbitkan Buku Sendiri

8 Persyaratan Menerbitkan Buku

Tentu saja sebelum kamu mulai menerbitkan buku, kamu harus mengetahui persyaratan penerbitan buku supaya naskah buku tidak di tolak oleh pihak penerbit.

1. Minimal Buku 70-150 Halaman

Persyaratan Menerbitkan Buku yang pertama adalah minimal halaman buku. Jika kamu berencana untuk menerbitkan buku di penerbit khusus, ada syarat khusus yang harus dipenuhi terkait ketebalan bukunya.

Bukumu harus memiliki minimal 70 halaman dan tidak boleh melebihi 150 halaman.

Namun, jika kamu memilih penerbit lain, kemungkinan syarat ketebalan bukunya sedikit berbeda. Mungkin penerbit lain memiliki standar ketebalan yang lebih tipis atau mungkin lebih tebal.

Sebelum kamu memutuskan untuk menerbitkan bukumu, pastikan untuk memeriksa persyaratan penerbit yang kamu pilih, agar kamu tahu persis berapa ketebalan minimal yang harus kamu penuhi.

2. Memiliki Gambar Pelengkap

Jika kamu menargetkan bukumu untuk anak-anak, sangat penting untuk menyertakan ilustrasi di dalamnya dan ini menjadi salah satau Persyaratan Menerbitkan Buku.

Hal ini akan membuat buku lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh pembaca anak-anak.

Jika kamu memilih penerbit khusus yang fokus pada buku anak-anak, mereka akan mewajibkan adanya gambar dalam naskah bukumu.

Tanpa adanya ilustrasi, penerbit tersebut mungkin tidak akan menerbitkan bukumu. Namun, jika bukumu ditujukan untuk pembaca dewasa, gambar bukanlah syarat utama yang harus dipenuhi.

3. Ditulis Dengan Mengikuti Kaidah Kebahasaan (Format Penulisan)

Beberapa penerbit, baik yang besar maupun yang lainnya, biasanya memiliki format khusus yang harus diikuti dalam Persyaratan Menerbitkan Buku.

Hal ini mencakup jenis huruf, spasi, ukuran, dan bahkan jenis kertas yang digunakan. Jika kamu berencana menerbitkan bukumu melalui Gramedia, maka kamu perlu menyesuaikan naskah bukumu dengan format yang ditetapkan.

Misalnya, menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran 12 pt, spasi 1.5, dan kertas berukuran A4.

Mengikuti persyaratan format penulisan yang ditentukan oleh penerbit adalah penting, karena hal ini memastikan konsistensi dan kemudahan dalam proses produksi buku.

Pastikan untuk memeriksa persyaratan format penulisan yang berlaku sesuai dengan penerbit yang kamu pilih, sehingga naskah bukumu sesuai dengan standar yang diharapkan.

4. Tidak Mengandung Unsur Sara

Umumnya, hampir semua penerbit melarang penggunaan konten yang bersifat sara, ujaran kebencian, atau materi lainnya yang dapat menyebabkan konflik dan kerusuhan di masyarakat.

Ini adalah larangan yang tegas dan tidak ada penerbit yang akan menerima buku dengan konten semacam itu.

Sebelum kamu menerbitkan bukumu, sangat penting untuk memastikan bahwa isi bukumu tidak mengandung unsur sara, pertentangan, atau hal lain yang dilarang.

Mematuhi larangan ini adalah langkah penting dalam menjaga keharmonisan dan menghindari masalah hukum atau etika. Dan pastikan kamu mengikuti Persyaratan Menerbitkan Buku.

5. Naskah Dijilid Dengan Rapi

halaman buku

Persyaratan Menerbitkan Buku selanjutnya yaitu naskah harus dijilid dengan rapi. Penting juga untuk menjilid naskah buku dengan rapi agar dapat diterima oleh penerbit.

Dengan menjilid buku secara baik, kamu akan menunjukkan ke seriusanmu dalam niat menerbitkan buku tersebut.

Pastikan menggunakan jilid buku yang berkualitas dan rapi. Desain jilidnya juga perlu menarik agar penerbit memiliki keyakinan lebih terhadap kualitas buku yang kamu buat.

6. Dibungkus Rapi Dengan Map

Setelah buku kamu telah dijilid dengan baik dan menarik, penting juga untuk memastikan bahwa naskah buku kamu dikemas dengan rapi.

Kamu dapat memasukkan buku ke dalam map atau kotak kertas yang tertata dengan rapi. Hal ini akan membantu melindungi buku dari goresan dan memastikan bahwa buku terbungkus dengan aman dan tertata dengan baik.

Dan dibungkus rapi dengan map ini menjadi salah satu Persyaratan Menerbitkan Buku.

7. Dikirim Via Post atau Email

Untuk mengirimkan naskah bukumu ke penerbit, disarankan untuk menggunakan jasa pengiriman melalui kantor pos.

Melalui pengiriman pos, naskah bukumu akan dikirim dengan aman ke alamat penerbit yang dituju. Tentu saja ini menjadi salah satu Persyaratan Menerbitkan Buku yang harus kamu penuhi.

Kantor pos akan bertanggung jawab untuk mengirimkan naskah bukumu dengan baik ke alamat penerbit yang telah kamu tuju.

Ini merupakan cara yang umum digunakan oleh penulis untuk mengirimkan naskah buku mereka kepada penerbit.

Dengan menggunakan jasa kantor pos, kamu dapat memastikan bahwa naskah bukumu akan sampai dengan aman ke tujuan tanpa khawatir kehilangan atau kerusakan.

Pastikan untuk mengikuti prosedur pengiriman yang berlaku dan memperhatikan instruksi dari kantor pos agar pengiriman berjalan dengan lancar.

8. Menunggu Naskah Buku di ACC

Dan Persyaratan Menerbitkan Buku terakhir setelah kamu mengirimkan naskah bukumu ke penerbit, kamu perlu menunggu proses evaluasi dan keputusan dari pihak penerbit.

Biasanya, penerbit membutuhkan waktu maksimal 3 bulan untuk meninjau naskah buku yang kamu kirimkan.

Jika dalam jangka waktu 3 bulan kamu tidak menerima balasan dari penerbit, itu menandakan bahwa bukumu tidak diterima dan tidak akan diterbitkan oleh penerbit tersebut.

Nah setelah mengetahui Persyaratan Menerbitkan Buku kamu pasti sedang mencari penerbit buku yang cepat, dan murah tentunya.

Disini kami akan memberikan salah satu rekomendasi penerbit buku cepat terbit, murah dan pastinya telah menjadi favorit penulis buku di indonesia.

Dalam era digital ini, kesempatan untuk menerbitkan buku telah semakin mudah.

Namun, di tengah lautan penerbit dan layanan publikasi yang beragam, bagaimana Anda dapat memilih yang terbaik? Di sinilah Jasa Publikasi Buku hadir untuk membantu Anda.

Jasa Publikasi Buku Cepat Terbit

Apakah Anda memiliki cerita menarik, pengetahuan yang ingin Anda bagikan, atau keahlian yang ingin diketahui oleh orang lain?

Greenbook adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan naskah Anda menjadi buku yang terbit. Kami memahami bahwa setiap penulis memiliki visi dan tujuan unik, dan kami berkomitmen untuk memberikan layanan publikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa yang membuat Greenbook berbeda?

Pertama, kami menawarkan paket publikasi dengan biaya terjangkau yang mencakup berbagai aspek penting dalam proses penerbitan.

Dari penyuntingan profesional, desain sampul menarik, hingga produksi buku berkualitas tinggi, semuanya telah dipikirkan secara teliti untuk memberikan hasil terbaik bagi Anda.

Kedua, kami memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam industri penerbitan. Mereka akan membimbing Anda melalui setiap tahap, memberikan saran berharga, dan memastikan bahwa buku Anda mencapai standar yang tinggi.

Dengan Greenbook sebagai mitra penerbitan Anda, Anda dapat merasa yakin bahwa karya Anda akan diterbitkan dengan integritas dan profesionalisme.

Kami juga memahami pentingnya promosi dan distribusi yang efektif. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda memperluas jangkauan pembaca melalui strategi pemasaran yang cerdas dan saluran distribusi yang luas.

Buku Anda tidak hanya akan terbit, tetapi juga dapat diakses oleh pembaca di berbagai platform dan toko buku.

Bagi kamu yang tertarik dengan penawaran kami, silahkan hubungi kami melalui Whatsapp di bawah ini! (Tersedia juga sesi konsultasi gratis)

Fasilitas Yang Didapat Jika Publikasi Buku Di Greenbook.ID

Greenbook sendiri merupakan lembaga publikasi buku yang sudah bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Dengan kata lain, kami sudah berbadan hukum.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memilih Greenbook sebagai penerbit buku terbaik.

Mengenai harga dan biaya menerbitkan buku, kami sendiri memiliki paket penerbitan buku.

Adapun paket penerbitan buku nya sebagai berikut :

1. Paket Mini Book

Pada paket penerbitan buku jenis Mini Book ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut :

  • Layout Standar (Tanpa Revisi)
  • ISBN dan Barcode + Revisi
  • E-book dan Sertifikat
  • Terindex Google Scolar
  • Terindex Google Book dan Google Play Book
  • Bantu Masukan Ke Sinta (Jika Penulis Mempunyai akun Sinta)

Untuk biayanya, kamu bisa tanyakan kepada Tim Ahli kami melalui Whatsapp di bawah ini!

2. Paket Standart Book

Pada paket penerbitan buku jenis Standart Book ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut :

  • Layout Standar (1 x Revisi)
  • ISBN dan Barcode + Revisi
  • E-book dan Sertifikat
  • Terindex Google Scolar
  • Terindex Google Book dan Google Play Book
  • Bantu Masukan Ke Sinta (Jika Penulis Mempunyai akun Sinta)

Untuk biayanya, kamu bisa tanyakan kepada Tim Ahli kami melalui Whatsapp di bawah ini!

3. Paket Popular Book (Diskon 20% Untuk Bulan Ini)

Pada paket penerbitan buku jenis Popular Book ini, kamu akan mendapatkan diskon 20% di bulan ini dan fasilitas sebagai berikut :

  • Desain Cover dan Layout (2 x Revisi)
  • ISBN dan Barcode + Revisi
  • 6 Eksemplar Buku Bukti Cetak (6 HVS)
  • 3 Eksemplar Untuk Perpusnas dan Perpusda
  • E-book dan Sertifikat
  • Terindex Google Scolar
  • Terindex Google Book dan Google Play Book
  • Bantu Masukan Ke Sinta (Jika Penulis Mempunyai akun Sinta)

Untuk biayanya, kamu bisa tanyakan kepada Tim Ahli kami melalui Whatsapp di bawah ini!

4. Paket Platinum Book

Pada paket penerbitan buku jenis Platinum Book ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut :

  • Desain Cover dan Layout Eksklusif (5 x Revisi)
  • ISBN dan Barcode + Revisi
  • 6 Eksemplar Buku Bukti Cetak (9 HVS)
  • 3 Eksemplar Untuk Perpusnas dan Perpusda
  • Sertifikat HKI
  • E-book dan Sertifikat
  • Terindex Google Scolar
  • Terindex Google Book dan Google Play Book
  • Bantu Masukan Ke Sinta (Jika Penulis Mempunyai akun Sinta)

Untuk biayanya, kamu bisa tanyakan kepada Tim Ahli kami melalui Whatsapp di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Publikasi Buku Di Greenbook.id

Setelah mengetahui persyaratan menerbitkan buku dan rekomendasi penerbit buku favorit, disini kami akan memberikan informasi tentang apa saja keuntungan yang kamu dapat jika menerbitkan buku di greenbook.

Penasaran seperti apa pembahasannya? yuk simak dibawah ini!

1. Kualitas Profesional:

Greenbook.id memiliki tim yang terampil dan berpengalaman dalam menyunting, merancang, dan memproduksi buku.

Mereka mungkin memberikan perhatian khusus pada kualitas dan detail, sehingga memastikan bahwa buku yang diterbitkan memiliki tampilan fisik yang menarik dan isi yang berkualitas.

2. Jaringan Distribusi yang Luas:

Sebagai penerbit terkenal, Greenbook.id memiliki jaringan distribusi yang luas. Hal ini memungkinkan buku-buku yang mereka terbitkan dapat diakses oleh pembaca di berbagai toko buku, online maupun offline, di seluruh Indonesia.

Dengan demikian, buku Anda memiliki peluang lebih besar untuk mencapai khalayak yang lebih luas.

3. Dukungan Pemasaran:

Greenbook.id menyediakan dukungan pemasaran dan promosi bagi buku-buku yang mereka terbitkan. Melalui strategi pemasaran yang efektif, mereka dapat membantu meningkatkan visibilitas buku Anda dan menjangkau calon pembaca potensial.

4. Kontrak yang Adil:

Greenbook.id menawarkan kontrak yang adil bagi penulis. Mereka mungkin menjelaskan dengan jelas hak dan kewajiban masing-masing pihak serta memberikan royalti yang wajar berdasarkan penjualan buku.

Ini memberikan perlindungan bagi penulis dan memastikan bahwa kesepakatan yang dijalin bersifat transparan dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Kesimpulan

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai persyaratan menerbitkan buku, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan teman-teman semua!

Terimakasih telah membaca.

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog