Publikasi Buku

Pengertian Teks Biografi

Halo sobat greenbook! Pada pertemuan kali ini mimin akan memberikan informasi lengkap terkait Pengertian teks biografi. Nah bagi kamu yang ingin tau apa itu teks biografi, kamu mengunjungi artikel yang tepat!

Baca Juga | Cara Menulis Biografi

Pastinya kamu udah ga asing kan dengan teks biografi, atau masih ada yang belum mengenal teks biografi? Jika benar demikian, yuk kita simak pembahasannya dibawah ini!

Pengertian Teks Biografi

Perlu teman-teman ketahui, Teks biografi ini dibuat untuk menceritakan kisah seseorang, biasanya orang yang muncul pada teks biografi adalah orang penting atau tokoh inspiratif. Menurut KBBI, briwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Jadi bisa kita simpulkan bahwa biografi adalah suatu karya tulis yang berisi rangkaian kisah NYATA seseorang.

Baca Juga | Cara Menulis Biografi

Tujuan Teks Biografi

Apakah kamu tau tujuan dari dibuatnya teks biografi? nah setelah kita mengetahui pengertian dari teks biografi, pembahasan selanjutnya mimin akan memberikan informasi tentang tujuan dibuatnya teks biografi.

Tujuan teks biografi adalah untuk memberikan edukasi ke masyarakat luas terkait sebuah tokoh secara rinci. Tapi tidak hanya sisi baik saja yang disebarkan oleh teks biografi melaikan sisi buruknya juga.

Biografi ini memiliki bentuk yang kompleks. Pada saat membuat teks biografi, diharuskan untuk mampu meliputi segala aspek dalam kehidupan tokoh. Dan pastikan untuk bersikap netral agar pembaca tidak menghakimi secara sepihak, baik itu positif maupun negatif.

Struktur Teks Biografi

Tadi kita telah mengenal pengertian teks biografi dan tujuannya. Nah jika kamu memiliki niat untuk membuat atau menulis teks biografi, kamu harus mengetahui struktur teks biografi. Untuk itu kamu wajib simak pembahasan dibawah ini!

1. Orientasi

Struktur teks biografi yang pertama adalah ORIENTASI. Pengenalan tokoh sangat penting, bagian ini mencakup informasi seperti nama, latar belakang keluarga, riwayat pendidikan, hingga tempat tinggal tokoh tersebut.

2. Peristiwa dan Masalah

Struktur teks biografi yang kedua adalah rangkaian peristiwa dan pengenalan masalah atau konflik tokoh. Setiap pengalaman yang diceritakan dalam teks biografi pasti tidak lepas dari persoalan dan konflik.

Oleh sebab itu, cara tokoh menyelesaikan konflik inilah yang akan menjadi bagian penting untuk dijadikan teladan bagi pembaca.

3. Reorientasi

Bagian terakhir dari strukutr teks biografi adalah reorientasi atau penutup. Reorientasi ini bisa disematkan pada biografi, namun bisa juga tidak disematkan. Tapi biasanya ada beberapa biografi, reorientasi berisikan kesimpulan dari penulis mengenai tokoh yang diceritakan.

Manfaat Biografi

Pengertian Teks Biografi – Biografi ini bisa manjadi sarana untuk belajar sejarah. Dengan biografi orang akan lebih mudah mengenal banyak tokoh lebih detail.
Berikut adalah manfaat teks biografi yang harus kamu ketahui!

1. Bisa Mengenal Tokoh Tokoh Lebih Dekat

Dengan membaca teks biografi, seseorang bisa mengetahui dan mempelajar kisah seorang tokoh dengan lebih rinci.

2. Belajar Keteladanan dari Tokoh

Manfaat selanjutnya adalah mempelajari keteladanan tokoh. Perlu kamu ketahui, tokoh yang ditulis dalam biografi sudah pasti seorang yang hebat atau memiliki pengaruh dalam kehidupan.

Cara tokoh menjalani hidup dan menyelesaikan masalah bisa menjadi inspirasi atau teladan bagi pembacanya yang mungkin memiliki permasalahan sejenis.

3. Mendapat Motivasi

Dengan membaca teks biografi seseorang akan mendapatkan motivasi. Kisah hidup tokoh dalam teks biografi ini biasanya akan penuh dengan motivasi dalam meraih tujuan, mengatasi permasalahan dan masih banyaka lagi. Hal ini bisa menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi pembacanya.

4. Berpikir Analitis

Pada umumnya seseorang membaca adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis. Sama halnya dengan membaca teks biografi bisa meningkatkan berpikir analitis seseorang.

5. Menghargai Nilai-nilai Kehidupan

Membaca teks biografi bisa membuat seseorang lebih menghargai nilai-nilai kehidupan. Karena dengan mengetahui konflik tokoh pada teks biografi bisa dijadikan pelajaran untuk lebih bersyukur tentang apa yang kita miliki.

Macam-macam Teks Biografi

Pengertian Teks Biografi – Jenis-jenis teks biografi dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa kriteria, Beikut adalah pembahasan selegkapnya:

Berdasarkan izin penulisan:

  • Authorized biography, yaitu biografi yang dibuat dengan seizin tokoh yang diceritakan.
  • Unauthorized biography, yaitu biografi yang dibuat tanpa seizin tokoh yang diceritakan.

Berdasarkan penulis:

  • Autobiografi, yaitu biografi yang ditulis oleh tokoh yang diceritakan sendiri.
  • Biografi yang ditulis oleh orang lain.

Berdasarkan penerbit:

  • Biografi yang diterbitkan oleh penerbit besar.
  • Biografi yang diterbitkan oleh penerbit kecil atau independen.

Berdasarkan topik yang dibahas:

  • Biografi politik, yaitu biografi yang membahas kehidupan politik tokoh.
  • Biografi intelektual, yaitu biografi yang membahas kehidupan intelektual tokoh.
  • Biografi jurnalistik, yaitu biografi yang ditulis dengan gaya jurnalistik.
  • Biografi olahraga, yaitu biografi yang membahas kehidupan olahraga tokoh.
  • Biografi seni, yaitu biografi yang membahas kehidupan seni tokoh.
  • Biografi musik, yaitu biografi yang membahas kehidupan musik tokoh.
  • Biografi bisnis, yaitu biografi yang membahas kehidupan bisnis tokoh.
  • Biografi agama, yaitu biografi yang membahas kehidupan agama tokoh.
  • Biografi militer, yaitu biografi yang membahas kehidupan militer tokoh. 

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian teks biografi, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pemahaman kita semua.


FAQ

Apa yang dimaksud dengan teks biografi?

Teks biografi adalah teks yang berisikan kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya.

Apa itu ciri-ciri teks biografi?

Teks biografi harus berisi tentang fakta dari pengalaman hidup dari tokoh. 2. Teks biografi memiliki bentuk penyajian narasi atau penceritaan.

Apa pengertian biografi dan apa tujuannya?

Biografi adalah tulisan yang berisi sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses seseorang. Brilio.net – Biografi adalah riwayat hidup yang ditulis orang lain. Jadi, tulisan yang berisi sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, sampai kisah sukses seseorang dinamakan teks biografi

Apa saja struktur dari biografi?

Jika disimpulkan, struktur teks biografi yang tepat adalah orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.

Apa saja jenis teks biografi?

Jenis biografi dari sisi penulis ini dibagi dua yakni authorized biography (penulis mendapat izin untuk menulis biografi dari tokoh asli) dan unauthorized biography (Penulis tidak mendapat izin atau tanpa sepengetahuan. Hal ini bisa terjadi jika tokoh bersangkutan sudah wafat).

Apa tujuan dari teks biografi?

Dengan membaca teks biografi, kita bisa lebih mengenal sang tokoh lebih dalam melalui riwayat hidupnya. Biografi dapat menjadi petunjuk mengenai hal-hal yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Tentu saja kita sebagai pembaca akan melakukan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang tidak baik.

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog