Publikasi Buku

Manfaat HAKI

Nah, bagi kamu yang sedang mencari manfaat HAKI, kamu berada dalam artikel yang tepat.

Hak kekayaan intelektual atau yang sering disebut dengan istilah HAKI, merupakan kekayaan yang timbul kerena kemampuan intelektual atau kecerdasan manusia. Karya-karya intelektual ini dapat berasal dari bidang ilmu pengetahuan, sastra, seni, maupun teknologi.

Didalam laman resmi DJKI atau Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkum HAM, Perundang-undangan hak kekayaan intelektual atau HAKI di Indonesia telah ada sejak tahun 1840-an. Pemerintah kolonial Belanda memperkenalkan undang-undang pertama untuk melindungi kekayaan intelektual pada tahun 1844. Hukum Belanda yang berlaku pada saat itu antara lain:

  • Undang – Undang Merek (1885),
  • Undang – UndPaten (1910),
  • Undang – UndHak Cipta (1912).

Ketiga peraturan tersebut mengalami perubahan dan revisi mengikuti perkembangan zaman. Revisi terakhir terjadi pada tahun 2001 ketika pemerintah Indonesia mengesahkan UU No. 20. 14 Tahun 2001 tentang Paten dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek. Kedua undang-undang ini menggantikan undang-undang lama di bidang terkait.

Dalam hal perlindungan hak kekayaan intelektual atau HAKI di Indonesia, terdapat lembaga yang berwenang untuk mengelola kekayaan intelektual. Lembaga ini adalah Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Sebagaimana disebutkan dalam situs Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Regional Medan, fungsi utama kekayaan intelektual adalah untuk mendorong kreativitas dan inovasi untuk kepentingan masyarakat luas.

5 Manfaat HAKI Yang Wajib Kamu ketahui

Manfaat HAKI

Menurut “Pedoman Pengenalan Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI” oleh Administrasi Umum Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, hak kekayaan intelektual bermanfaat bagi semua pihak. Di bawah ini beberapa manfaat haki yaitu:

  • Bagi dunia usaha: ada perlindungan dari pemalsuan atau penyalahgunaan karya intelektual dari pihak lain, baik itu didalam negeri maupun di luar negeri. Perusahaan juga akan mendapatkan citra positif jika mempunyai perlindungan hukum di dalam bidang haki.
  • Bagi inventor: menjamin kepastian hukum entah itu kelompok maupun perorangan, dan terhindar dari kerugian karena kecurangan atau pemalsuan pihak lain.
  • Bagi pemerintah: pemerintah yang menerapkannya akan memperoleh citra positif dalam tingkat WTO atau (World Trade Organization) atau Organisasi Perdagangan Dunia. Di samping itu juga ada penerimaan devisa dari pendaftaran atas hak kekayaan intelektual atau HAKI.
  • Kepastian hukum untuk pemegang hak dalam melakukan usaha tanpa adanya gangguan dari pihak lain.
  • Pemegang hak dapat memberikan izin kepada pihak lain.

Jenis-Jenis HAKI

Manfaat HAKI

Setelah kita membahas manfaat haki, ada baiknya jika kita membahas jenisnya

Sebagaimana dijelaskan dalam situs Kementerian Perdagangan (Kemendag), ada dua jenis hak atas kekayaan intelektual atau yang kita sering sebut HAKI, yaitu hak cipta dan kekayaan industri.

  • Hak cipta: Tanpa mengurangi batasan hukum yang berlaku, pencipta atau penerima hak memiliki hak eksklusif untuk menerbitkan atau memperbanyak ciptaan mereka atau memberikan lisensi.
  • Hak kekayaan industri:

– Paten

– Merek

– Desain industri

– Varietas tanaman

– Rahasia dagang

– Desain tata letak sirkuit terpadu

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Definisi Hak atas Kekayaan Intelektual

Sesudah kita mengetahui manfaat HAKI, ada baiknya kita ketahui juga definisi hak atas kekayaan intelektual.

Secara sederhana, Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dapat dijelaskan sebagai hak yang muncul dari hasil kegiatan intelektual manusia dengan tujuan ekonomi. Hak ini bersifat eksklusif, artinya diberikan khusus kepada kelompok atau individu yang menciptakan karya terkait. Melalui HAKI, orang lain tidak dapat mengambil keuntungan ekonomi dari karya cipta milik orang lain tanpa izin dari penciptanya.

Dari pengertian ini, kita dapat menyimpulkan bahwa objek HAKI adalah hasil ciptaan atau karya yang muncul dari kemampuan atau pemikiran intelektual manusia.

Macam-Macam HaKi

Secara garis besar HaKI dibagi dalam 2 (dua) bagian, yaitu:

1. Hak Cipta (Copyright)

Hak Cipta adalah hak eksklusif yang diberikan secara otomatis kepada pencipta suatu karya setelah karya tersebut diwujudkan dalam bentuk nyata. Hak ini diberikan tanpa mengurangi pembatasan yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Hak kekayaan industri (industrial property rights)

Hak kekayaan industri yang mencakup :
– Paten (patent)
– Desain industri (industrial design)
– Merek (trademark)
– Penanggulangan praktik persaingan curang (repression of unfair competition)
– Desain tata letak sirkuit terpadu (layout design of integrated circuit)
– Rahasia dagang (trade secret)

Jasa Konsultan HKI Kredibel, Berkualitas, Cepat & Terpercaya

Sebagai seorang klien, menginginkan pengurusan HKI dengan biaya murah, pelayanan ramah, Fast Respons & pengurusan cepat, itu semua sah-sah saja.

Oleh karena itulah Kami hadir menjadi solusi terbaik bagi rekan-rekan yang sedang memiliki kebutuhan seputar pendaftaran HKI, pengurusan HKI, Konsultasi HKI dan lain sebagainya.

Sudah lebih dari ratusan client yang sudah kami dampingi dalam proses permohonan dan pendaftaran berbagaimacam bidang HKI.

Dan hampir semuanya, berhasil approve pada masing-masing keperluan bidang HKI.

Kami siap mendampingi kebutuhan HKI rekan-rekan sampai benar-benar bisa approve secara resmi.

Jika sewaktu-waktu ada yang melakukan pelanggaran terhadap HKI milikmu, maka Tim Greenbook akan melakukan yang terbaik untukmu.

Biaya yang kamu perlukan untuk melakukan jasa pendampingan ini sangatlah bersahabat.

Mengenai biaya, kami memberikan diskon berupa potongan harga untuk 7 orang pertama dibulan ini yang menggunakan Jasa Pendampingan Konsultan HKI dari Greenbook.

Dan sampai hari ini, hanya tersisa 2 slot potongan harga saja.

Bagi Kamu Yang membutuhkan Jasa Konsultan HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Kesimpulan

Nah, mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat HAKI, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman


FAQ

Apa manfaat dari adanya HAKI?

Tujuannya adalah untuk mendorong dan menumbuhkembangkan semangat terus berkarya dan mencipta

Apa yang dimaksud dengan HAKI?

HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual merupakan hak yang diberikan kepada hasil olah pikir manusia dalam menciptakan produk, jasa, atau proses yang berguna untuk masyarakat.

Apa saja contoh HaKI itu?

Paten > Merek > Desain industry > Desain tata letak sirkuit terpadu > Rahasia dagang > Varietas tanaman.

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog