Publikasi Buku

Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Keuntungan menerbitkan buku self publishing. Apakah Anda seorang penulis baru yang berkeinginan kuat untuk menerbitkan buku pertama Anda di penerbit besar? Namun, kenyataannya adalah bahwa menerbitkan buku di penerbit mayor tidak selalu semudah yang dibayangkan.

Tidak seperti yang dibayangkan, kenyataannya menerbitkan buku di penerbit mayor membutuhkan kualitas tulisan yang jauh lebih tinggi dari jenis buku yang pernah diterbitkan. Bagi penulis pemula yang berhasil langsung diterbitkan di penerbit besar, akan menghadapi tantangan yang membutuhkan perjuangan dan pengorbanan besar.

Untuk penulis pemula, penolakan dari penerbit mayor tidak berarti bahwa buku yang ditulis tidak layak. Oleh karena itu, tidak perlu merasa sedih. Anda masih bisa menerbitkan buku secara self publishing atau print on demand. Meskipun diterbitkan secara mandiri, Anda tidak akan merugi secara signifikan. Faktanya, menerbitkan buku sendiri tetap memiliki keuntungan yang banyak, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan menerbitkan di penerbit mayor.

Ingin Menerbitkan Buku, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim Buku Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Baca Juga : Cara Menerbitkan Buku Self Publishing

Apa Itu Buku Self Publishing?

Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Sebelum masuk kedalam pembahasan keuntungan menerbitkan buku self publishing, sebaiknya kamu ketahui dan pahami tentang apa itu buku self publishing

Buku self publishing adalah buku yang diterbitkan secara mandiri oleh penulis atau penerbit kecil yang tidak terikat dengan perusahaan penerbitan besar. Dalam konteks ini, penulis atau penerbit bertanggung jawab atas seluruh proses produksi buku, mulai dari penulisan, penyuntingan, desain sampul, pencetakan, dan pemasaran.

Buku self-publishing memberikan kesempatan kepada penulis yang ingin menerbitkan buku tanpa terikat dengan kontrak eksklusif dari penerbit besar. Selain itu, buku self-publishing juga memberikan kebebasan kreatif kepada penulis untuk menentukan konten, format, dan desain bukunya sendiri.

Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Penasaran keuntungan apa yang tidak diperoleh ketika menerbitkan buku self publishing? Berikut adalah beberapa keuntungan yang sebenarnya sangat berpeluang bagi penulis.

1.  Sebagai Passive Income – Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Keuntungan menerbitkan buku self publishing memiliki passive income. Jadi penulis bisa menjual buku tanpa batas waktu, sesuai keinginan penulis. Dimana tidak semua penulis bisa melakukan hal semacam ini. Karena penulis yang diterbitkan oleh penulis buku mayor, memiliki batas waktu penjualan buku. Dari segi penyebaran pasar, Anda bisa menjual lebih luas. Misal menjual di marketplace atau berinisiatif menitipkan ke toko buku terdekat

Penulis memiliki penuh kendali atas naskah yang telah dicetak, termasuk pengaturan judul, desain sampul dan isi buku, serta penetapan harga di pasaran. Dengan kata lain, penulis dapat memanfaatkan kendali ini untuk menjual buku dengan harga lebih tinggi dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Jika buku Anda laris terjual, kekhawatiran tentang tidak dapat mencetak ulang akan hilang karena Anda dapat memanfaatkan hasil penjualan untuk mencetak ulang buku dan menjualnya kembali. Anda juga dapat terus memperoleh keuntungan dari penjualan buku tersebut selama permintaan tetap tinggi.

2. Memangkas Birokrasi Penerbitan

Keuntungan menerbitkan buku self publishing melibatkan banyak proses birokrasi yang dapat menambah biaya. Dengan memilih untuk menerbitkan buku secara mandiri, Anda dapat mengurangi biaya yang terkait dengan proses birokrasi ini. Birokrasi penerbitan buku meliputi proses seleksi, editing, penjualan buku melalui distributor, dan sejumlah tahapan lainnya.

Dalam kata lain, ada sejumlah proses dan tahapan yang harus dijalani dalam penerbitan buku. Ini adalah bagian dari prosedur standar. Namun, dengan menerbitkan buku secara mandiri, Anda dapat memproses naskah yang telah dimiliki secara langsung tanpa menunggu berbulan-bulan, dan dapat segera dicetak.

3. Biaya Penerbitan Lebih Rendah – Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Apakah Anda termasuk calon penulis yang khawatir akan biaya cetak buku yang terlalu tinggi? Sebenarnya, biaya cetak buku dapat disesuaikan dengan ukuran kantong. Biaya cetak buku dapat bervariasi tergantung pada standar harga yang diterapkan oleh setiap penerbit.

Jika Anda masih merasa khawatir untuk menerbitkan buku Self Publishing, jangan khawatir, Anda dapat mencetak hanya beberapa eksemplar tergantung pada kemampuan dan permintaan pasar. Dengan biaya yang terjangkau dan proses yang cepat, ini adalah cara yang populer bagi penulis pemula untuk memperkenalkan karya debut mereka.

Ingin Menerbitkan Buku, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim Buku Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

4. Tidak Mengenal Return Buku

Keuntungan menerbitkan buku self publishing selanjutnya adalah tidak mengenal return buku. Apakah Anda pernah mendengar istilah “buku return”? Dalam penerbitan mayor, ketika masa kontrak buku dengan penulis telah berakhir dan buku tersebut tidak laku terjual, buku tersebut akan dikembalikan ke penerbit. Buku-buku yang telah disebarluaskan ke toko buku akan ditarik kembali dan dikembalikan ke penerbit asal. Buku-buku yang tidak laku terjual atau dikembalikan dari toko buku ke penerbit disebut sebagai buku return.

Menerbitkan buku secara self publishing tidak mengenal istilah buku return seperti dalam penerbitan besar. Keuntungan dari self-publishing adalah Anda hanya perlu mencetak buku setiap kali ada pesanan tanpa perlu khawatir tentang buku yang tidak laku terjual dan harus dikembalikan, sehingga tidak memakan tempat.

Menerbitkan buku secara self-publishing memiliki keuntungan yaitu mengurangi jumlah sampah kertas. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kasus pengembalian buku yang mengakibatkan bertumpuknya buku-buku tersebut dan sulit diolah. Untuk mengatasi tumpukan buku tersebut, biasanya buku-buku tersebut dijual kembali dengan harga yang lebih murah.

Artinya, dengan memilih untuk menerbitkan buku secara self-publishing, Anda ikut berkontribusi dalam mengurangi produksi kertas dan membantu memperbaiki efisiensi lingkungan. Hal ini sangat penting mengingat produksi kertas memerlukan bahan baku dari pohon, yang semakin berkurang dan berdampak pada kerusakan lingkungan.

5. Segi Teknis Pengelolaan Naskah Terkontrol

Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Keuntungan menerbitkan buku self publishing yang kelima adalah segi teknis pengelolaan naskah terkontrol. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat menerbitkan buku secara self-publishing, penulis memiliki kendali penuh. Hal ini memungkinkan penulis untuk lebih memegang kendali dalam segi teknis seperti tata letak, desain, dan penyuntingan. Dengan kata lain, penulis dapat secara mandiri menata dan mendesain buku, serta melakukan penyuntingan sesuai dengan preferensi dan keinginan mereka.

Pada tahap ini, Anda tidak perlu khawatir dengan birokrasi berbelit-belit karena desain yang tidak sesuai dengan selera Anda. Namun, pertanyaannya adalah, jika Anda tidak memiliki keterampilan untuk mendesain sendiri, apakah ada solusinya? Jangan khawatir, biasanya penerbit yang menyediakan layanan self-publishing juga menyediakan layanan desain, meskipun ada biaya tambahan yang dibebankan kepada penulis. Namun, di Penerbit Deepublish, Anda dapat menggunakan layanan desain secara gratis.

6. Direct Connection

Menerbitkan buku secara self publishing memiliki keuntungan dalam menjalin kedekatan dan hubungan langsung dengan pembaca. Hal ini bisa dianggap sebagai aset atau investasi yang tidak terlihat. Dalam hal ini, upaya dilakukan untuk membangun relasi dengan pembaca. Dengan terjalinnya hubungan yang dekat dan akrab, maka saat Anda menulis buku kedua, Anda sudah memiliki basis pembaca yang bisa diandalkan.

Pada akhirnya, basis pembaca merupakan kunci untuk kesuksesan. Terdapat koneksi langsung secara psikologis antara penulis dan pembaca, yang dapat membangun kepercayaan diri penulis. Hal ini menunjukkan bahwa karya penulis bermanfaat dan dinikmati oleh pembaca, bahkan bisa mendorong penulis untuk menulis buku berikutnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika self-publishing menjadi kesempatan bagi penulis pemula untuk membangun merek mereka sendiri.

7. Jangkauan Penjualan Buku Lebih Luas

Keuntungan Menerbitkan Buku Self Publishing

Keuntungan menerbitkan buku secara self publishing adalah jangkauan penjualan yang lebih luas. Ketika menerbitkan melalui penerbit besar, biasanya ada perjanjian penjualan eksklusif yang hanya berlaku di Indonesia.

Namun, jika Anda menerbitkan buku secara self-publishing dan dapat memasarkannya melalui pasar online yang dapat diakses oleh negara lain, maka buku Anda bisa menjadi terkenal di tingkat internasional. Terdapat beberapa marketplace yang dapat diakses oleh banyak negara, seperti Amazon, Apple, Barnes and Noble, dan lain-lain.

Ingin Menerbitkan Buku, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim Buku Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Itulah keuntungan menerbitkan buku self publishing. kamu masih ragu? Dengan paparan diatas, kamu sudah tahu apa keuntungan menerbitkan buku self publishing. Semoga dengan ulasan ini semakin memberi kemantapan dan pencerahan tentang dunia self publishing.

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog