Publikasi Buku

Contoh Paten Sederhana

Nah, bagi kamu yang sedang mencari contoh paten sederhana, kamu bisa cek artikel ini sampai selesai yah!

Paten sederhana adalah salah satu jenis paten dan yang lainnya adalah paten biasa. Keduanya diatur dalam UU Paten Nomor. 3 Tahun 2016. Dalam kehidupan sosial, paten sederhana, juga dikenal sebagai model utilitas, memainkan peran yang sangat penting.

Fitur ini biasanya dikaitkan dengan payung hukum di mana paten kamu diajukan. Pada artikel ini, kami akan memberikan kamu informasi mengenai contoh paten sederhana, baik paten maupun sederhana. Akan tetapi sebelum itu, ketahui terlebih dahulu pengertiannya berikut ini.

Jika Anda penasaran ingin mengetahui cara mendaftarkan hki, Anda bisa baca artikel di Greenbook.ID

Pengertian Paten Sederhana Adalah

Contoh Paten Sederhana  

sebelum kita mengetahui contoh paten sederhana, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu pengertian hak paten.

Menurut pengertiannya, paten sederhana adalah suatu penemuan atau pengembangan, atau lebih tepatnya suatu penemuan, dari suatu produk atau proses yang telah ada tetapi mempunyai kegunaan dan nilai yang lebih praktis. Sedangkan paten (konvensional) adalah penemuan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Mengenai durasi perlindungan paten, keduanya berbeda. Menurut Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau yang serinng di sebut DJKI, masa berlaku paten (biasanya) 20 tahun sejak tanggal penerimaan. Sedangkan masa berlaku Paten Sederhana adalah 10 tahun, ada pertimbangan tertentu, selisihnya 10 tahun.

Sementara paten sederhana tidak membuat klaim baru untuk sesuatu, masih memiliki kegunaan baru dari apa pun yang datang sebelumnya. Bahkan, tidak hanya komoditas atau inovasi teknologi, tetapi proses atau metode baru dapat dengan mudah dipatenkan.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Contoh Paten Sederhana

Melihat definisi paten sederhana yang di atas, paten jenis ini berarti sesuatu yang memiliki nilai kegunaan dan kemudahan penggunaan. Ingatlah untuk mendapatkan paten sederhana, prosesnya lebih mudah dan jalurnya lebih cepat.

Temuan dari proses, metode, ataupun produk dari paten sederhana mempunyai jangka waktu yang lebih singkat. karena bukan berasal dari penelitian (research) development, mendalam, atau investigasi untuk solusi. Melainkan sebuah pengembangan dengan kreasi serta inovasi paling baru untuk bisa menciptakan produk lebih praktis bernilai daya guna.

Di Amerika Serikat, Filipina, Thailand, dan negara asing lainnya, apa yang disebut paten sederhana juga disebut model utilitas, paten kecil atau paten sederhana, dan lebih mengacu pada alat serba guna.

Sedikit informasi tentang paten ini, jangka waktu paten sederhana 10 tahun tidak dapat diperpanjang. Artinya, pengajuan perlindungan paten sederhana hanyalah satu klaim.

ikut ini contoh hak paten di bidang keilmuan, yaitu:

1. Contoh 1

Nama Inventor: Sayu Putu Yuni Paryati

Nomor Paten: IDP000045601

Judul Invensi: Metode Pembuatan Vaksin Anti Rabies dengan Memanfaatkan Telur Ayam Sebagai Bahan Vaksin

2. Contoh 2

Nama Inventor: Valentina Adimurti

Nomor Paten: P00201304728

Judul Invensi: Pengawet Alami Dari Ampas Biji Tengkawang (Shorea sumatrana Sym.) dan Proses Pembuatannya

3. Contoh 3

Nama Inventor: Sri Wahyuningsih

Nomor Paten: P00201507781

Judul Invensi: Komposisi Kombinasi Ekstrak buah dan Daun Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff Boerl) Sebagai Antihipertensi

Perbedaan Paten dengan Paten Sederhana

Contoh Paten Sederhana  

Membicarakan mengenai perbedaan antara paten biasa dan paten sederhana ada banyak sekali. Secara lebih detail dan rinci, berikut kami susun dalam bentuk daftar.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

1. Masa Berlaku

yang pertama dalam contoh paten sederhana  adalah Sebagaimana yang telah kami tulis di atas, paten biasa hanya berlaku 20 tahun dan paten sederhana hanya 10 tahun di Indonesia.

2. Invensi

Contoh Paten Sederhana  

yang kedua dalam contoh paten sederhana  adalah Paten biasa untuk invensi temuan yang benar-benar baru, sedangkan paten sederhana umumnya sebagai pengembangan yang lebih praktis dari invensi atau penemuan sebelumnya.

3. Jumlah Klaim

yang ketiga dalam contoh paten sederhana  adalah Paten biasa tidak ada pembatasan untuk jumlah klaim, sedangkan paten sederhana jumlah klaim hanya satu kali.

4. Proses

yang terakhir dalam contoh paten sederhana  adalah Menurut DJKI atau Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, progres dari sebuah klaim paten sederhana lebih mudah dan cepat daripada progres klaim dari paten biasa.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Jasa Konsultan HKI Kredibel, Berkualitas, Cepat & Terpercaya

Sebagai seorang klien, menginginkan pengurusan HKI dengan biaya murah, pelayanan ramah, Fast Respons & pengurusan cepat, itu semua sah-sah saja.

Oleh karena itulah Kami hadir menjadi solusi terbaik bagi rekan-rekan yang sedang memiliki kebutuhan seputar pendaftaran HKI, pengurusan HKI, Konsultasi HKI dan lain sebagainya.

Sudah lebih dari ratusan client yang sudah kami dampingi dalam proses permohonan dan pendaftaran berbagaimacam bidang HKI.

Dan hampir semuanya, berhasil approve pada masing-masing keperluan bidang HKI.

Kami siap mendampingi kebutuhan HKI rekan-rekan sampai benar-benar bisa approve secara resmi.

Jika sewaktu-waktu ada yang melakukan pelanggaran terhadap HKI milikmu, maka Tim Green Book akan melakukan yang terbaik untukmu.

Biaya yang kamu perlukan untuk melakukan jasa pendampingan ini sangatlah bersahabat.

Mengenai biaya, kami memberikan diskon berupa potongan harga untuk 7 orang pertama dibulan ini yang menggunakan Jasa Pendampingan Konsultan HKI dari Green Book.

Dan sampai hari ini, hanya tersisa 2 slot potongan harga saja.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Kesimpulan

mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan mengenai contoh paten sederhana, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi teman-teman. Terimakasih!

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog