Publikasi Buku

cara publikasi buku

Cara Publikasi Buku

Cara publikasi buku memang tergolong cukup sulit, tetapi lebih sulit lagi untuk membuatnya. Nah, Jika kamu terpaku dengan kata di awal artikel ini, maka tentu akan terasa berat dan sulit dalam membuat naskah.

Sesuai dengan hasilnya, buku dari zaman dahulu sampai saat ini masih menjadi referensi atau bahan belajar terbaik yang pernah ada di dunia ini. Ya, walaupun sebagian orang pasti berpendapat lain.

Seperti yang kita tahu, Buku memiliki banyak manfaat bagi sebagian besar orang. Dan bahkan, saat artikel ini di buat, buku merupakan garda terdepan di benak saya untuk bisa menulis hal-hal yang bermanfaat bagi banyak orang.

Selain bisa di cetak, perlu kamu ketahui bahwa buku juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah salah satunya dengan mempublikasikan bukumu di Google Play Book.

Ingin Konsultasi? Klik Link Di bawah! (gratis konsultasi)

Kamu sudah memiliki naskah? Kami merupakan solusi terbaik untuk kamu. Naskah tugas akhir, skripsi, Tesis, hingga Disertasi bisa di ubah menjadi buku.

Dengan format yang sesuai dengan standar ilmiah, kamu harusnya sudah dapat mempublikasikan karya kamu dalam bentuk jurnal atau buku.

Di Green Publisher, buku ber ISBN lengkap dengan cover premium bisa kamu dapatkan secara gratis .

Apakah publikasi buku itu gratis?

Untuk publikasi buku sendiri, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis.

Tapi ingat, yang gratis biasanya memerlukan proses yang cukup lama dan tahapan yang sangat ketat.

Saat kamu menginput naskah, maka kamu harus menunggu setidaknya 1-6 bulan untuk mengetahui naskahmu di approve atau tidak.

Tapi berbeda dengan yang berbayar, di Green Publisher, kamu hanya perlu menunggu 1-2 bulan saja untuk prosesi approvenya.

Jika dirasa belum memenuhi syarat, maka akan kami dampingi sampai benar-benar naskah kamu memenuhi syarat dan bisa publish!

Ingin Konsultasi? Klik Link Di bawah! (gratis konsultasi)

Cara Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Publikasi Buku

cara publikasi buku

Menerbitkan buku bisa lebih sulit daripada menulis buku. Untuk menerbitkan buku, kamu harus memastikan buku tersebut dalam kondisi prima sebelum menyerahkannya ke agensi atau penerbit.

Menerbitkan buku membutuhkan banyak riset, ketekunan, dan kesabaran, tetapi semuanya terbayar saat kamu melihat karya kamu berhasil dicetak.

Jika kamu ingin tahu cara publikasi buku, ikuti saja langkah-langkah sederhana ini.

1. Persiapkan Bukumu Sebelum Publikasi

Penulis fiksi harus menyiapkan naskah yang lengkap, sedangkan penulis nonfiksi harus menulis proposal buku yang meyakinkan.

Mengetahui apa yang diperlukan untuk menulis menghemat waktu dan membuat kamu terlihat lebih profesional saat mengirimkan karya kamu untuk dibaca orang.

  • Banyak penulis fiksi mencoba menerbitkan buku mereka sebelum menyelesaikan naskahnya, tetapi tidak berhasil.
  • Jika kamu menulis buku nonfiksi, maka Anda harus memiliki proposal buku lengkap terlebih dahulu.
  • Jika kamu yakin hanya membutuhkan proposal nonfiksi tertulis, lewati ke langkah 6 dan putuskan apakah kamu ingin menyewa agen sastra atau langsung ke penerbit.
  • Jika kamu sedang menulis buku akademik, silakan baca bagian terakhir secara langsung dan cari tahu cara publikasi buku dengan menghubungi penerbit secara langsung.

2. Revisi Buku Yang Kamu Miliki

Nah, cara publikasi buku kedua adalah dengan merevisi bukumu terlebih dahulu.

Merevisi buku kamu bisa lebih sulit daripada menyelesaikannya. Setelah kamu menulis draf lengkap buku kamu, apakah itu novel sejarah atau thriller, kamu harus merevisinya agar tetap dalam kondisi prima sebelum menyerahkannya ke agensi atau penerbit.

Saat merevisi buku ini, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Pastikan tampilan buku kamu semenarik mungkin
  • Singkirkan verbose atau berlebihan
  • Pastikan niat kamu jelas
  • Pastikan pemikiran kamu sejelas mungkin

3. Dapatkan Feedback Pada Buku Kamu

Dalam cara publikasi buku, penting bagi kamu untuk meminta Feedback kepada penulis lain.

Setelah kamu merasa benar-benar selesai, penting untuk mendapatkan Feedback tentang buku kamu untuk melihat apakah buku itu siap untuk diterbitkan.

Kamu mungkin berpikir buku ini benar-benar sempurna, tetapi hampir selalu ada ruang untuk perbaikan.

Lebih baik mendapatkan Feedback dari sesama penulis atau profesional tepercaya daripada ditolak oleh agen atau penerbit.

Kamu mungkin merasa buntu jika meminta Feedback terlalu dini dalam proses penyusunan, jadi pastikan kamu merasa bahwa buku kamu sudah siap sebelum meminta bantuan.

Nah, ada beberapa cara untuk mendapatkan Feedback atas buku yang kamu miliki. Adapun caranya berikut ini :

  • Minta Feedback kepada penulis lain
  • Minta Feedback kepada seseorang yang suka membaca
  • Tanyakan kepada seseorang yang mengetahui topik buku kamu
  • Kirimkan buku kamu ke lokakarya menulis
  • Temukan editor terkemuka dan minta evaluasi naskah
  • Ingatlah untuk menerima tanggapan kamu dengan skeptis

4. Revisi Buku Kamu Secara Lebih Lanjut

Revisi buku kamu berdasarkan Feedback yang kamu terima. Kamu tidak akan menyesalinya. Luangkan waktu untuk menyerap tanggapan yang kamu terima dan mulai bekerja

Dalam cara publikasi buku, kami menyarankan kamu untuk merevisi buku ini lebih lanjut karena beberapa alasan. Alasannya adalah sebagai berikut :

  • Sementara revisi akan mengarahkan kamu ke arah yang benar, mintalah lebih banyak Feedback untuk memastikan kamu membuat draf kamu lebih kuat.
  • Ketika kamu merevisi manuskrip kamu lagi, simpanlah selama beberapa minggu atau bahkan sebulan. Kemudian keluarkan dan bacalah dengan mata segar untuk melihat apakah naskah kamu adalah yang terbaik.
  • Terakhir, salin dan edit buku kamu. Setelah kamu menyelesaikan semua poin yang lebih besar, pastikan naskah kamu bebas dari kesalahan tata bahasa dan tanda baca. Kesalahan-kesalahan ini dapat membuat pekerjaan kamu terlihat tidak profesional dan membuat pembaca kamu tidak menghargai kerja keras kamu.

Cara Publikasi Buku Langsung Ke Penerbit Dengan Cepat Dan Mudah

Mungkin, saat ini kamu sedang membutuhkan publisher buku yang prosesi dan langkah-langkahnya bisa dilakukan dengan cepat, mudah dan harga terjangkau.

Nah, perlu kamu ketahui bahwa cukup sulit untuk menemukan publisher buku yang seperti itu.

Tapi tenang, Green Publisher hadir menjadi solusi terbaik bagi kamu yang ingin publikasi buku secara cepat, mudah dan harga terjangkau!

Green Publisher merupakan penerbit buku yang sudah menerbitkan lebih dari 1.641 Buku Ber-ISBN sejak tahun 2019 lalu dan sudah bergabung dalam anggota IKAPI 344/JBA/2019.

Hanya kami saja yang berani menawarkan Gratis Editing Layout, Cover Premium dan 10 Eksemplar Buku Gratis Ongkir ke Seluruh Wilayah Indonesia.

Ingin Konsultasi? Klik Link Di bawah! (gratis konsultasi)

Baca Juga : Cara Menerbitkan Buku Sendiri

Beberapa Tips Dalam Publikasi Buku Yang Perlu Kamu Ketahui

Nah, setelah kamu mengetahui cara publikasi buku, pada bagian terakhir ini, kami akan memberikanmu beberapa tips dalam publikasi buku. Adapun tipsnya sebagai berikut :

  • Sebagai penulis baru, kamu akan mendapatkan banyak penolakan. Jangan biarkan ini membuat kamu putus asa. Banyak penulis hebat ditolak sebelum mereka diterima. Hanya sedikit penulis yang berhasil menerbitkan buku pertama mereka. Seorang penulis sejati akan terus menulis, entah buku itu diterbitkan atau tidak.
  • Jika kamu tidak beruntung menyewa agen atau publikasi, maka kamu bisa konsultasikan kepada Tim Ahli kami.
  • Mencoba menerbitkan kutipan dari buku sebelum memberikannya kepada agen atau penerbit. Ini akan membantu kamu membangun kredibilitas sebagai penulis dan menunjukkan bahwa buku kamu memiliki daya tarik universal.
  • Selalu berbisnis dengan penerbit buku profesional yang terpercaya. Agen sastra yang menagih kamu untuk membaca buku kamu tidak dapat dipercaya.
  • Jika kamu ingin terhubung dengan agensi sastra, ajukan konferensi penulisan di mana kamu dapat bertemu dan menghubungi agensi tersebut untuk meluncurkan buku kamu. Pastikan untuk melakukannya saat itu dapat diterima.

Tujuan Publikasi Buku

Tujuan publikasi buku adalah untuk menyampaikan informasi, pengetahuan, ide, cerita, atau karya tulis lainnya kepada khalayak luas. Publikasi buku merupakan proses penerbitan dan penyebaran karya tulis dalam bentuk fisik atau digital agar dapat diakses dan dinikmati oleh pembaca. Beberapa tujuan utama dari publikasi buku antara lain:

  1. Berbagi Pengetahuan: Buku merupakan salah satu media utama untuk menyampaikan pengetahuan dan informasi. Dengan menerbitkan buku, penulis dapat berbagi pengetahuan mereka tentang berbagai topik dengan pembaca, sehingga membantu meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat.
  2. Menginspirasi dan Mencerahkan: Buku sering kali menyajikan kisah inspiratif, ide-ide baru, atau gagasan yang mencerahkan. Tujuan ini adalah memberikan inspirasi kepada pembaca untuk meraih potensi terbaik mereka dan melihat dunia dengan sudut pandang yang lebih luas.
  3. Menghibur dan Mengalihkan: Buku juga berfungsi sebagai media hiburan dan pelarian dari rutinitas sehari-hari. Fiksi dan karya sastra menawarkan cerita menarik dan fantasi yang dapat mengalihkan pembaca dari kehidupan sehari-hari mereka.
  4. Mendukung Pembelajaran dan Pendidikan: Buku pelajaran dan buku referensi menjadi alat penting dalam pendidikan. Tujuan publikasi buku pendidikan adalah memberikan materi yang lengkap, terstruktur, dan mudah dipahami untuk mendukung proses belajar siswa dan mahasiswa.
  5. Melestarikan Budaya dan Sejarah: Buku-buku yang mengangkat cerita tentang budaya, sejarah, atau warisan lokal berperan dalam melestarikan warisan budaya dan sejarah suatu masyarakat. Publikasi buku yang mendokumentasikan aspek-aspek penting dari kehidupan dan budaya lokal adalah bagian dari upaya pelestarian budaya.
  6. Memperkaya Bahasa dan Komunikasi: Buku juga berkontribusi pada perkembangan bahasa dan komunikasi. Pembaca dipaparkan pada beragam gaya bahasa dan ungkapan yang dapat memperkaya kosakata dan kemampuan komunikasi.
  7. Menggerakkan Perubahan Sosial: Buku yang membahas isu-isu sosial, lingkungan, atau politik dapat berperan dalam menggerakkan perubahan sosial. Melalui publikasi buku, penulis dapat membangkitkan kesadaran masyarakat tentang masalah-masalah penting dan mendorong tindakan positif.
  8. Mendukung Penelitian dan Pengembangan Ilmu: Buku akademik dan ilmiah menyediakan basis pengetahuan dan hasil penelitian terbaru dalam berbagai disiplin ilmu. Publikasi buku ilmiah memfasilitasi pertukaran informasi dan pembaruan dalam ilmu pengetahuan.
  9. Menghasilkan Keuntungan: Bagi penerbit dan penulis, publikasi buku juga menjadi sarana untuk menghasilkan keuntungan finansial. Buku yang sukses dapat menarik perhatian banyak pembaca dan meningkatkan pendapatan bagi penerbit dan penulis.
  10. Meninggalkan Jejak Karya: Publikasi buku adalah cara bagi penulis untuk meninggalkan jejak karya mereka dalam bentuk yang abadi. Buku dapat menjadi warisan intelektual yang tetap ada dan diakses oleh generasi mendatang.

Keuntungan Publikasi Buku

Setelah kita mengetahui cara publikasi buku, kita juga perlu mengetahui keutungan dari publikasi buku.

Penasaran seperti apa pembahasannya, yuk kita simak dibawah ini!

1. Membuka Pintu Karir yang Luas

Ketika Anda memutuskan untuk mempublikasikan buku pertama Anda, Anda sebenarnya sedang membuka pintu menuju karir menulis yang sukses. Buku Anda adalah portofolio Anda, yang dapat membantu Anda mendapatkan kontrak penulisan lebih lanjut, menjadi kolumnis, atau bahkan mengajar menulis. Bagi mahasiswa yang ingin memulai karir dalam penulisan, publikasi buku adalah langkah awal yang kuat.

2. Mengembangkan Kemampuan Penulisan

Proses menulis buku melibatkan perencanaan, penelitian, dan pengeditan yang mendalam. Ini adalah latihan yang luar biasa untuk mengasah kemampuan bahasa dan penulisan Anda. Saat Anda merinci ide-ide Anda dalam kata-kata yang terstruktur, Anda belajar bagaimana menyampaikan pemikiran Anda dengan jelas dan efektif. Bagi mahasiswa, ini adalah kesempatan besar untuk mengembangkan kemampuan menulis akademis mereka.

3. Meningkatkan Pengetahuan Pribadi

Setiap buku yang Anda tulis adalah kesempatan untuk memperdalam pengetahuan Anda tentang topik tertentu. Apakah itu buku fiksi atau non-fiksi, Anda akan melakukan penelitian yang mendalam dan mempelajari lebih banyak tentang subjek tersebut daripada yang Anda lakukan sebelumnya. Bagi penulis yang senang belajar, ini adalah keuntungan yang signifikan.

4. Memiliki Pengaruh Positif pada Masyarakat

Buku adalah cara yang sangat kuat untuk menyebarkan ide, pandangan, dan nilai-nilai. Buku yang baik dapat menginspirasi orang, mengubah pandangan mereka, dan bahkan memotivasi tindakan positif. Dengan mempublikasikan buku, Anda memiliki kesempatan untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat, mengubah hidup orang lain dengan kata-kata Anda.

Kesimpulan

Nah, cukup sekian saja pembahasan kami mengenai beberapa cara publikasi buku dengan mudah dan cepat.

Sudah memiliki naskah buku tapi masih bingung mencari penerbitnya? Setelah submit, takut naskah tidak diterima? Kamu bisa konsultasikan kepada Tim Ahli kami!

Kami siap menjadi penerbit terbaikmu dan siap mendampingi naskah bukumu sampai benar-benar terbit. Kami juga menyediakan harga promo hanya untuk 10 client pertama di bulan ini.

Klik Whatsapp di bawah ini untuk menghubungi Tim Ahli kami!


Berapa biaya menerbitkan buku sendiri?

3 Juta – 5 Juta

Penerbit yang Menerima naskah pemula?

Green Publisher juga bersedia menerima naskah pemula

Untuk menerbitkan buku apa harus bayar?

Ada yang gratis, dan ada yang berbayar

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog