Publikasi Buku

Cara Merawat Buku Agar Awet

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat buku agar awet, maka artiktel ini sangat cocok untuk kamu. Silahkan simak poin-poinnya sampai habis yah!

Buku dapat dikatakan sebagai jendela dunia dan sumber ilmu pengetahuan. Buku juga bisa kalian gunakan untuk beberapa waktu ke depan, apabila di simpan dengan benar dan di rawat dengan baik.

Jika kalian tak menyimpan dan merawat dengan baik, besar kemungkinan buku kesayanganmu akan menguning hingga memicu tumbuhnya jamur. Oleh sebab itu, buat kalian yang hobi mengoleksi fisik buku seperti novel dan lainnya, kalian bisa simak cara merawat buku agar awet dan tidak cepat rusak. Yuk, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.  

5 Cara Merawat Buku Agar Awet

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikanmu 5 cara merawat buku agar awet. Adapun caranya sebagai berikut :

1. Beri Sampul Buku

Cara pertama yaitu kalian bisa melakukan dengan cara memberikan sampul pada buku kesayangan kalian. Cara ini perlu kalian lakukan supaya buku yang kamu miliki bisa awet dan juga tidak cepat rusak.

Setelah selesai membaca, kalian bisa menggunakan sampul plastik bening tebal yang tidak lengket secara keseluruhan. Dengan begitu, kalian bisa meminimalisir kertas buku menguning atau berjamur.

2. Simpan Buku Dengan Cara Berdiri

Selesai menyampul buku dengan plastik, kalian bisa menata buku dengan cara berdiri. Karena dengan menyimpan buku secara menumpuk bisa menyebabkan kerusakan pada buku.

Hal tersebut bisa terjadi karena kertas yang saling menempel dan memudarkan tinta, kertas menjadi lembap, hingga menimbulkan jamur pada kertas.

3. Simpan Di Rak Buku

Selain memberikan sampul dan meletakkan buku dengan cara berdiri, menyimpan buku pada rak buku juga bisa membuat kualitas bukumu tetap terjaga. Kecuali, koleksi buku kalian tersusun dengan rapi sehingga mudah untuk mecarinya.

Usahakan jangan menyimpan koleksi bukumu di dalam kardus karena dapat menyebabkan kertas menjadi berwarna kuning. Kalau kalian menyimpan buku ke dalam rak kayu, pastikan kalian sudah menyampul dengan plastik.

4. Gunakan Kamper Atau Silica Gel

Meskipun sudah disampul dan disimpan pada rak buku, kalian juga harus menggunakan silica gel supaya tidak lembap. Selain itu, gunakanlah kamper supaya tidak ada rayap atau serangga di rak buku kalian.

Masalahnya, bau kamper bisa membuat serangga tidak mau mendekat. Jika kalian tidak memiliki kamper, kalian bisa gunakan biji lada putih sebagai alternatifnya. Masukkan ke dalam kain lalu simpan di dalam rak buku.

5. Jangan Campur Baru Dengan Buku Rusak

Tips terakhir yaitu jangan mencapurkan buku baru dengan buku yang rusak. Kalau kalian memiliki buku yang rusakm simpanlah pada tempat terpisah dan khusus. Hindari mencampur buku yang sudah rusak dengan kondisi buku yang masih bagus.

Hal ini perlu kalian lakukan supaya serangga tidak dapat berpindah-pindah dan merusak buku kalian, oleh sebab itu, lakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala agar koleksi buku awet dan tidak gampang rusak.

Kesimpulan

Nah, cukup sampai sini saja yang bisa kami bahas Cara Merawat Buku Agar Awet semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Terimakasih!

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog