Publikasi Buku

Cara Menerbitkan Buku Digital

Cara Menerbitkan Buku Digital

Pada artikel ini kami akan memberikan informasi seputar cara menerbitkan buku digital yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Jika Anda ingin tahu informasinya seperti apa? Anda bisa simak artikel ini.

Apakah Anda seorang penulis yang memiliki karya hebat yang siap untuk dipublikasikan?

Apakah Anda ingin mencapai audiens yang lebih luas dan memperluas jejak karya Anda di dunia literatur?

Jika benar, maka menerbitkan buku digital mungkin adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Pada era digital yang terus berkembang ini, menerbitkan buku digital telah menjadi tren yang tak terelakkan.

Menyusul kemajuan teknologi dan popularitas perangkat pembaca elektronik, buku digital memberikan kemudahan akses, fleksibilitas, dan peluang eksposur yang luar biasa bagi para penulis.

Baca Juga : Jasa Publikasi Buku

Apa Itu Buku Digital?

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama yaitu Cara Menerbitkan Buku Digital, kita akan mengenal terlebih dahulu apa itu buku digital atau e-book.

Dan yang paling dasar untuk mengenal e-book adalah dengan mengetahui definisinya. Buku digital merujuk pada salah satu jenis bahan bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik.

Dan juga dapat diakses melalui perangkat digital seperti smartphone, komputer (PC dan laptop), atau tablet.

Meskipun tidak memiliki bentuk fisik seperti buku konvensional karena tidak dicetak pada media kertas, buku digital tetap menampilkan tampilan yang serupa dengan buku konvensional.

Ini berarti buku digital memiliki halaman sampul, kata pengantar, bab-bab yang terstruktur, nomor halaman, dan elemen-elemen lain yang biasanya ditemukan dalam buku fisik.

Bagaimana Cara Menerbitkan Buku Digital?

Menerbitkan buku digital telah menjadi pilihan yang semakin populer bagi penulis yang ingin menghadirkan karya mereka di era digital yang terus berkembang.

Dengan akses yang lebih mudah dan audiens yang lebih luas, publikasi buku digital memberikan peluang yang tak terbatas untuk kesuksesan literatur Anda.

Jika Anda ingin tahu cara menerbitkan buku digital, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Mengorganisir dan Mengedit Naskah Buku

Tahap awal dalam penyusunan naskah buku Anda adalah melakukan penataan dengan baik.

Pastikan isi buku Anda telah mengalami proses penyuntingan yang cermat untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan yang mengganggu.

Selain itu, periksalah kelancaran cerita dan pastikan bahwa alur narasi Anda menarik bagi pembaca.

2. Pemilihan Format File yang Tepat

Dalam publikasi buku digital, penting untuk memilih format file yang sesuai. Format yang umum digunakan adalah EPUB (Electronic Publication) dan MOBI (Mobipocket).

Format EPUB kompatibel dengan banyak perangkat pembaca ebook seperti Kobo, Nook, dan iBooks, sementara format MOBI biasanya digunakan untuk Kindle.

Anda dapat mengonversi naskah buku Anda ke format yang diinginkan menggunakan alat konversi online atau perangkat lunak khusus.

3. Mencari Platform Publikasi

Terdapat berbagai platform publikasi buku digital yang dapat dipilih, termasuk Kindle Direct Publishing (KDP) dari Amazon, Smashwords, Kobo Writing Life, dan masih banyak lagi.

Anda perlu mencari platform yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda. Perhatikan juga kebijakan royalti, kontrol hak cipta, dan alat promosi yang disediakan oleh masing-masing platform tersebut.

4. Mendaftar dan Mengunggah Buku

Setelah memilih platform publikasi yang cocok, langkah berikutnya adalah mendaftar sebagai penulis atau penerbit di platform tersebut. Ikuti panduan dan petunjuk yang diberikan untuk mengunggah buku digital Anda.

Biasanya, Anda akan diminta untuk menyediakan informasi tentang buku, deskripsi, sampul buku, dan file naskah dalam format yang diminta. Pastikan untuk mengikuti proses yang diminta dengan teliti.

5. Memperhatikan tata letak dan desain

Ketika mengunggah buku, penting untuk memperhatikan tata letak dan desain buku digital Anda. Pastikan teks mudah dibaca dan terstruktur dengan baik.

Periksa juga tampilan sampul buku digital agar menarik dan sesuai dengan konten buku.

Upayakan untuk menjaga konsistensi desain di seluruh buku Anda, termasuk penggunaan font yang konsisten dan tata letak yang memudahkan pembaca.

Dengan perhatian yang baik terhadap tata letak dan desain, buku digital Anda akan lebih menarik dan profesional.

6. Mengatur harga dan royalti

Tentukan harga buku digital Anda dan royalti yang ingin Anda terima. Beberapa platform memberikan fleksibilitas dalam menentukan harga, sementara yang lain memiliki harga standar yang harus diikuti.

Pelajari kebijakan platform terkait pembagian royalti dan proses pembayaran. Pastikan Anda memahami persyaratan dan perhitungan royalti yang berlaku.

Dengan memperhatikan hal ini, Anda dapat menentukan harga yang adil dan mengatur harapan penghasilan dari penjualan buku digital Anda.

7. Promosi buku digital

Setelah buku digital Anda tersedia di platform, penting untuk melakukan upaya promosi guna meningkatkan visibilitas dan menarik pembaca potensial.

Manfaatkan media sosial, blog pribadi, situs web, dan saluran komunikasi online lainnya untuk memperkenalkan buku Anda.

Bagikan cuplikan menarik, ulasan pembaca, dan informasi tentang ketersediaan buku di platform publikasi Anda.

8. Terus berinteraksi dengan pembaca

Jalin hubungan dengan pembaca Anda dengan merespons ulasan, menjawab pertanyaan, dan mengadakan diskusi atau kontes terkait buku Anda.

Berikan nilai tambah bagi pembaca dengan memberikan konten tambahan seperti buku pendamping, artikel, atau video terkait buku Anda.

Dengan berinteraksi aktif, Anda dapat membangun komunitas pembaca yang setia.

Baca Juga : Cara Menerbitkan Buku Sendiri

3 Aplikasi Untuk Membantu Menerbitkan Buku Digital

Tentu, berikut ini kami sajikan tiga rekomendasi aplikasi yang sering digunakan oleh penulis untuk membantu Anda dalam langkah-langkah menerbitkan buku digital secara mandiri:

1. Calibre

Calibre adalah sebuah aplikasi untuk membantu Anda menerbitkan buku digital yang gratis dan dapat digunakan di berbagai platform seperti Windows, Linux, dan iOS.

Perangkat lunak ini dilengkapi dengan fitur-fitur lanjutan yang hampir mencakup semua kebutuhan Anda dalam membuat eBook sendiri.

Salah satu fitur utama Calibre adalah kemampuannya untuk mengkonversi berbagai format ke dalam format eBook yang populer seperti AZW3, EPUB, DOCX, FB2, HTMLZ, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PMLZ, RB, PDF, RTF, SNB, TCR, TXT, dan ZIP.

Selain itu, Calibre juga dilengkapi dengan fitur pembuat sampul eBook yang memungkinkan Anda untuk menambahkan gambar kustom sebagai sampul buku digital Anda.

Anda juga dapat mengubah tampilan buku digital, menambahkan daftar isi, melakukan pencarian kata tertentu, dan mengganti banyak kata sekaligus.

Setelah proses konversi selesai, Anda dapat menyimpan file buku digital tersebut di komputer Anda atau langsung mengirimkannya ke perangkat tertentu jika perangkat tersebut terhubung dengan komputer Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengunduh, mengedit, dan mengatur preferensi buku digital menggunakan perangkat lunak ini.

Dengan fitur-fitur yang lengkap dan kemudahan penggunaan yang disediakan oleh Calibre, Anda dapat dengan mudah membuat, mengelola, dan mengubah format buku digital sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Sigil 

Sigil adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan membantu menerbitkan buku digital dengan format ePub sesuai dengan keinginan Anda.

Dengan menggunakan Sigil, Anda dapat bekerja dengan berbagai format seperti teks, HTML, dan format ePub itu sendiri.

Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan gambar atau sampul buku ke dalam buku digital Anda dengan batasan ukuran maksimal lebar 590 piksel dan tinggi 750 piksel.

Jika Anda ingin menjadikan gambar tersebut sebagai sampul buku, Anda dapat dengan mudah melakukannya dengan mengklik kanan pada gambar dan memilih “Add Semantics”, lalu pilih opsi “Cover Image”.

Sigil menawarkan sekitar 20 alat yang berbeda dengan berbagai fungsi yang beragam. Anda dapat menggunakan alat-alat ini untuk memodifikasi dan memperbaiki berbagai aspek buku digital Anda.

Aplikasi sigil ini sangat membantu Anda dalam menerbitkan uku digital. Selain itu, Sigil juga dilengkapi dengan alat yang memungkinkan Anda untuk memeriksa kesalahan pada file ePub Anda.

Sehingga Anda dapat memastikan bahwa buku digital yang Anda buat bebas dari kesalahan atau kerusakan.

3. ePUBee Maker

Aplikasi ePUBee Maker adalah sebuah aplikasi yang terhubung langsung dengan Microsoft Word. Dengan menggunakan ePUBee Maker, Anda dapat dengan mudah membuat dan menerbitkan buku digital dalam format ePUB.

Berikut adalah tahapan yang dapat Anda ikuti untuk membuat buku digital menggunakan ePUBee Maker:

  1. Quick Publish: Fitur ini memungkinkan Anda mengkonversi file MS Word (docx) ke format ePUB tanpa harus memasukkan informasi seperti author, title, dan deskripsi. Ini adalah pilihan yang cepat dan sederhana jika Anda ingin segera mengonversi file Anda menjadi buku digital.
  2. Publish: Jika Anda memilih tombol “Publish”, Anda akan diberikan opsi untuk menambahkan cover dan mengisi informasi seperti author, title, dan deskripsi sebelum buku digital Anda benar-benar dipublikasikan. Fitur ini memberi Anda kesempatan untuk membuat buku digital yang lebih lengkap dengan informasi yang relevan.
  3. Save as PDF: Menu ini memungkinkan Anda menyimpan file DOCX sebagai file PDF dengan cepat dan mudah. Jika Anda tertarik menggunakan ePUBee Maker, disarankan untuk menginstal add-on agar Anda tidak perlu mengkonversi Word ke PDF di luar Microsoft Word.

Dengan menggunakan ePUBee Maker, Anda dapat membuat buku digital dengan lebih mudah dan efisien langsung melalui Microsoft Word.

Anda dapat mengonversi file Word menjadi format ePUB, menambahkan informasi penting seperti cover, author, title, dan deskripsi, serta menyimpan file dalam format PDF jika diperlukan.

Aplikasi ini dapat menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang ingin membuat buku digital dengan cepat dan praktis.

Dan itu adalah 3 rekomendasi aplikasi yang pastinya akan membantu anda membuat dan menerbitkan buku digital.

Greenbook.ID Sebagai Salah Satu Penerbit Buku Professional Di Indonesia

Apakah Anda memiliki cerita menarik, pengetahuan yang ingin Anda bagikan, atau keahlian yang ingin diketahui oleh orang lain?

Greenbook adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan naskah Anda menjadi buku yang terbit. Kami memahami bahwa setiap penulis memiliki visi dan tujuan unik, dan kami berkomitmen untuk memberikan layanan publikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apa yang membuat Greenbook berbeda?

Pertama, kami menawarkan paket publikasi dengan biaya terjangkau yang mencakup berbagai aspek penting dalam proses penerbitan.

Dari penyuntingan profesional, desain sampul menarik, hingga produksi buku berkualitas tinggi, semuanya telah dipikirkan secara teliti untuk memberikan hasil terbaik bagi Anda.

Kedua, kami memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam industri penerbitan. Mereka akan membimbing Anda melalui setiap tahap, memberikan saran berharga, dan memastikan bahwa buku Anda mencapai standar yang tinggi.

Dengan Greenbook sebagai mitra penerbitan Anda, Anda dapat merasa yakin bahwa karya Anda akan diterbitkan dengan integritas dan profesionalisme.

Kami juga memahami pentingnya promosi dan distribusi yang efektif. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda memperluas jangkauan pembaca melalui strategi pemasaran yang cerdas dan saluran distribusi yang luas.

Buku Anda tidak hanya akan terbit, tetapi juga dapat diakses oleh pembaca di berbagai platform dan toko buku.

Ingin Konsultasii? Klik Whatsapp Dibawah Ini!

Fasilitas Yang Didapat Jika Publikasi Buku Di Greenbook.ID

Greenbook sendiri merupakan lembaga publikasi buku yang sudah bisa dipertanggungjawabkan kredibilitasnya. Dengan kata lain, kami sudah berbadan hukum.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memilih Greenbook sebagai penerbit buku terbaik.

Mengenai harga dan biaya menerbitkan buku, kami sendiri memiliki paket penerbitan buku.

Adapun paket penerbitan buku nya sebagai berikut :

1. Paket Mini Book

Pada paket penerbitan buku jenis Mini Book ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut :

  • Layout Standar (Tanpa Revisi)
  • ISBN dan Barcode + Revisi
  • E-book dan Sertifikat
  • Terindex Google Scolar
  • Terindex Google Book dan Google Play Book
  • Bantu Masukan Ke Sinta (Jika Penulis Mempunyai akun Sinta)

Untuk Konsultasi Terkait Biaya Klik Whatsapp Dibawah Ini!

2. Paket Standart Book

Pada paket penerbitan buku jenis Standart Book ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut :

  • Layout Standar (1 x Revisi)
  • ISBN dan Barcode + Revisi
  • E-book dan Sertifikat
  • Terindex Google Scolar
  • Terindex Google Book dan Google Play Book
  • Bantu Masukan Ke Sinta (Jika Penulis Mempunyai akun Sinta)

Untuk Konsultasi Terkait Biaya Klik Whatsapp Dibawah Ini!

3. Paket Popular Book (Diskon 20% Untuk Bulan Ini)

Pada paket penerbitan buku jenis Popular Book ini, kamu akan mendapatkan diskon 20% di bulan ini dan fasilitas sebagai berikut :

  • Desain Cover dan Layout (2 x Revisi)
  • ISBN dan Barcode + Revisi
  • 6 Eksemplar Buku Bukti Cetak (6 HVS)
  • 3 Eksemplar Untuk Perpusnas dan Perpusda
  • E-book dan Sertifikat
  • Terindex Google Scolar
  • Terindex Google Book dan Google Play Book
  • Bantu Masukan Ke Sinta (Jika Penulis Mempunyai akun Sinta)

Untuk Konsultasi Terkait Biaya Klik Whatsapp Dibawah Ini!

4. Paket Platinum Book

Pada paket penerbitan buku jenis Platinum Book ini, kamu akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut :

  • Desain Cover dan Layout Eksklusif (5 x Revisi)
  • ISBN dan Barcode + Revisi
  • 6 Eksemplar Buku Bukti Cetak (9 HVS)
  • 3 Eksemplar Untuk Perpusnas dan Perpusda
  • Sertifikat HKI
  • E-book dan Sertifikat
  • Terindex Google Scolar
  • Terindex Google Book dan Google Play Book
  • Bantu Masukan Ke Sinta (Jika Penulis Mempunyai akun Sinta)

Untuk Konsultasi Terkait Biaya Klik Whatsapp Dibawah Ini!

Kesimpulan

Menerbitkan buku digital memberikan fleksibilitas dan kesempatan eksposur yang luas. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membawa karya Anda ke audiens yang lebih luas dan menjelajahi peluang yang ada di dunia literatur digital.

Jadi, jangan ragu untuk melangkah ke dunia publikasi buku digital yang menarik ini dan berbagi karya Anda dengan dunia.

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai cara menerbitkan buku digital, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pemahaman teman-teman semua. Terimakasih!

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog