Publikasi Buku

Cara Mendaftar HAKI

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara mendaftar HAKI, kalian bisa mengecek artikel ini

Jadi Millennials dan Gen-Z tidak terus menerus hanya menikmati karya, ada saatnya kamu juga membuat karya. Ada beragam karya yang dapat dihasilkan, seperti buku, foto, seni rupa, musik, dan audio visual. sesudah membuat karya, jangan lupa untuk mendaftarkan karya kamu kedalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Read More | Hki Online

Intinya, HKI atau hak kekayaan intelektual adalah cara menikmati hasil suatu kreativitas intelektual secara ekonomis. Buat kalian yang baru pertama kali merintis membuat karya, yuk kita ketahui terlebih dahulu cara mendaftarkan hak cipta. Dilansir dari situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual atau DJKI, berikut adalah cara-caranya!

Cara Mendaftar HAKI

Cara Mendaftar HAKI

1. HKI dibagi Menjadi 2

Yang pertama dalam cara mendaftar haki adalah Sebelum mendaftar, tentukan terlebih dahulu apakah jenis karya yang ingin didaftarkan adalah hak cipta atau hak industri.

Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta atau penerima untuk memperbanyak dan mempublikasikan ciptaan mereka atau untuk memberikan mereka hak yang tidak terlalu membatasi menurut hukum yang berlaku.

Sedangkan kekayaan industri meliputi merek dagang, paten, desain industri, rahasia dagang, desain tata letak sirkuit terpadu, dan varietas tanaman.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Terkait Bidang HKI Tersebut, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

2. Kenali Ciptaan Yang Akan Didaftarkan HAKI

Cara Mendaftar HAKI

Yang kedua dalam cara mendaftar haki adalah Ada berbagai kreasi atau ciptaan yang dapat didaftarkan melalui kekayaan intelektual. Sementara itu, di suatu tempat di antaranya.

  • pamflet , program komputer, lay out karya tulis yang diterbitkan, Buku, dan semua hasil karya tulis;
  • kuliah, pidato, ceramah, dan ciptaan lain yang sejenis;
  • Alat bantu pengajaran untuk tujuan ilmiah dan pendidikan;
  • musik atau lagu dengan atau tanpa subtitle;
  • Drama atau musikal, tari, tari, wayang dan pantomim;
  • Seni rupa seperti seni lukis, ukiran, menggambar, kaligrafi, patung, patung, kolase dan seni terapan;
  • Arsitektur;
  • Peta;
  • Seni batik;
  • Fotografi;
  • Interpretasi, terjemahan, antologi, adaptasi dan karya transformasional lainnya.

3. Pendaftaran HAKI

Cara Mendaftar HAKI

Yang ketiga dalam cara mendaftar haki adalah Untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektual atau HAKI, Anda dapat melakukannya langsung di kantor pusat, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual yang berlokasi di Jl. Sumber Daya Manusia Rasuna kata Kraft. 8-9, Jakarta Selatan 12940. Sedangkan masyarakat dari daerah dapat mendaftar di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk mendaftarkan kekayaan intelektual Anda.

4. Pendaftaran Bisa Dilakukan Dengan Mudah

Yang keempat dalam cara mendaftar haki adalah Untuk mendaftar HKI perorangan, Anda dapat melengkapi dokumen-dokumen berikut.

  • Menandatangani surat kuasa di atas meterai Rp6 ribu;
  • Surat pernyataan keaslian karya;
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
  • Contoh karya;
  • Salinan atau fotokopi dokumen identitas bagi pelamar atau pemohon dan pencipta karya, seperti KTP atau paspor.;

Pada saat yang sama, untuk hak cipta yang mewakili perusahaan, perlu ada tambahan file overlay.

  • pengalihan hak (dari pencipta ciptaan kepada pemilik hak cipta);
  • NPWP perusahaan
  • Akta perusahaan

5. Bisa Juga Menggunakan Jasa Konsultan HAKI

Cara Mendaftar HAKI

Yang kelima dalam cara mendaftar haki adalah Bagi yang tidak mau repot, Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan kekayaan intelektual.

Pasti bisa dipercaya, ya. Cara ini terbukti menghemat waktu Anda. Selain itu, Anda bisa mendapatkan advokasi tentang hak kekayaan intelektual, dan bantuan hukum jika muncul masalah di kemudian hari.

6. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara daring

Yang keenam dalam cara mendaftar haki adalah Untuk memudahkan masyarakat, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual telah menyiapkan halaman khusus untuk pendaftaran hak kekayaan intelektual, yaitu melalui e-hakcipta.dgip.go.id.

Caranya juga mudah dan cepat, karena Anda akan berhubungan langsung dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

7. Pendaftaran HKI Bisa Memakan Waktu Sampai satu Tahun Lebih

Cara Mendaftar HAKI

Yang terakhir dalam cara mendaftar haki adalah Pasalnya, proses verifikasi perlu dilakukan secara detail dan menyeluruh. Makanya butuh kesabaran. Maklum, kekayaan intelektual itu sendiri sampai 50 tahun setelah pencipta meninggal.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Cara Daftar HKI Online

Cara daftar HKI online dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku oleh Hak Asasi Manusia RI (DJKI) dan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum. Berikut adalah Langkah-langkah teknis cara daftar HKI online sebagai berikut:

  1. Pertama-tama kamu perlu login terlebih dahuli kedalam website resmi dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) www.dgip.go.id
  2. Pilih e-FILING HKI, kemudian klik Registrasi Akun Hak Cipta.
  3. Setelah registrasi, kamu akan diarahkan ke dalam website berikut untuk melakukan registrasi. Kemudian Isikan data diri kamu pada formulir yang tertera.
  4. selanjutnya, isi biodata diri dengan lengkap. Mulai dari nama, tanggal lahir, alamat, dan seterusnya. Setelah kamu mengisi secara lengkap, selanjutnya klik tombol Daftar.
  5. Setelah kamu mengklik tombol daftar, kamu otomatis akan diarahkan ke dalam index login E-Hakcipta. harus kamu ingat, akan muncul  Pop-Up pemberitahuan bahwa Registrasi telah selesai dan harap kamu membuka email untuk mengaktifkan akun.
  6. Langkah yang keenam dalam cara daftar hki online adalah dengan membuka e-mail, kemudian cek pesan yang masuk dari INFO HAKCIPTA untuk melakukan User Activation.
  7. Setelah kamu membuka email, kemudian klik link yang terdapat di dalam email kamu dengan bertulisan berwarna biru, untuk mengaktivasi akun.
  8. kemudian, kamu akan diarahkan kembali ke dalam laman website E-Hakcipta. kamu login ulang dan selanjutnya otomatis akan muncul popup pemberitahuan bahwa akun kamu telah diaktivasi. akan akan mendapat popup bahwa akun telah berhasil diaktivasi.
  9. Tunggu beberapa saat, karena petugas E-Hakcipta akan melakukan persetujuan (approval) diaktifkannya akun kamu maksimal 2 hari kerja.
  10. Jika sudah mendapat persetujuan (approval) dari petugas aplikasi, setelah itu otomatis kamu akan mendapatkan email.
  11. Dan yang terakhir dalam daftar hki online. Akun E-HakCipta telah selesai dibuat dan siap digunakan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Jasa Pendampingan HKI, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Jasa Konsultan HKI Kredibel, Berkualitas, Cepat & Terpercaya

Sebagai seorang klien, menginginkan pengurusan HKI dengan biaya murah, pelayanan ramah, Fast Respons & pengurusan cepat, itu semua sah-sah saja.

Oleh karena itulah Kami hadir menjadi solusi terbaik bagi rekan-rekan yang sedang memiliki kebutuhan seputar pendaftaran HKI, pengurusan HKI, Konsultasi HKI dan lain sebagainya.

Sudah lebih dari ratusan client yang sudah kami dampingi dalam proses permohonan dan pendaftaran berbagaimacam bidang HKI.

Dan hampir semuanya, berhasil approve pada masing-masing keperluan bidang HKI.

Kami siap mendampingi kebutuhan HKI rekan-rekan sampai benar-benar bisa approve secara resmi.

Jika sewaktu-waktu ada yang melakukan pelanggaran terhadap HKI milikmu, maka Tim Green Book akan melakukan yang terbaik untukmu.

Biaya yang kamu perlukan untuk melakukan jasa pendampingan ini sangatlah bersahabat.

Mengenai biaya, kami memberikan diskon berupa potongan harga untuk 7 orang pertama dibulan ini yang menggunakan Jasa Pendampingan Konsultan HKI dari Green Book.

Dan sampai hari ini, hanya tersisa 2 slot potongan harga saja.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Seputar HKI, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Konsultan HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini! (Gratis)

Kesimpulan

Nah, mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara mendaftar haki, semoga bisa membantu dan berguna juga bermanfaat bagi teman-teman. Terimakasih!!

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog