Publikasi Buku

buku manajemen pemasaran

Rekomendasi Buku Manajemen Pemasaran Terbaik 2023

Inilah 15 Buku Terbaik untuk Mahasiswa Kuliah dan Skripsi dalam Manajemen Pemasaran. Jurusan ini merupakan favorit di bidang ekonomi dan bisnis bagi calon mahasiswa baru yang sedang mencari jurusan kuliah.

Selain menjadi pilihan populer di berbagai kampus, jurusan manajemen juga diminati karena menawarkan prospek kerja yang luas. Hampir semua bidang pekerjaan membutuhkan praktisi manajemen, sehingga lulusan jurusan ini memiliki peluang yang tak terbatas.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam jurusan manajemen terdapat berbagai cabang peminatan dengan fokus yang lebih spesifik. Salah satunya adalah pemasaran. Seperti namanya, peminatan ini berkaitan dengan strategi pemasaran produk.

Konsentrasi manajemen pemasaran mencakup berbagai teknik dalam memasarkan produk serta analisis strategi untuk meraih keunggulan dalam persaingan bisnis, baik di pasar lokal maupun internasional.

Konsentrasi ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mengembangkan sisi kreatif dan selalu mengikuti tren terkini. Selain memahami konsep-konsep, sebagai pemasar yang baik, Anda juga perlu mampu mengimplementasikan strategi dengan cara yang menarik dan memikat minat konsumen secara maksimal.

Sebagai gambaran, mata kuliah yang akan kamu temui dalam konsentrasi ini adalah:

  • Sistem Informasi Pemasaran
  • Manajemen Pemasaran Internasional
  • Seminar Manajemen Pemasaran
  • Pemasaran Relasional Pelanggan*
  • Pemasaran Internet*
  • Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran*
  • Pemasaran Jasa
  • Manajemen Merek

Referensi Buku Manajemen Pemasaran

Kunjungi Juga : Buku Self-Help Terbaik

Berikut adalah pilihan buku manajemen pemasaran yang sangat berguna untuk menunjang studi Anda di jurusan ini. Dengan merujuk pada buku-buku ini, Anda akan memperoleh pengetahuan yang mendalam mengenai ilmu pemasaran:

1. Buku Dasar Pemasaran

Buku pertama yang direkomendasikan adalah “Dasar Pemasaran” yang ditulis oleh Nasib dan rekan-rekannya. Buku ini mengulas pentingnya peran seorang manajer dalam mengawasi proses pemasaran.

Dalam upaya memperoleh keuntungan melalui penjualan produk dan jasa, perusahaan harus mampu memenuhi kebutuhan pembeli.

Langkah awal yang harus dilakukan oleh manajer pemasaran adalah memahami kebutuhan konsumen. Meskipun setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda, namun dalam kelompok tertentu, kebutuhan mereka cenderung serupa.

Buku ini, dengan 220 halaman, menjelaskan peran penting dasar manajemen pemasaran dalam dunia bisnis, baik dalam produk maupun jasa. Buku ini juga membahas pentingnya komunikasi bauran pemasaran dalam menghadapi persaingan dengan pesaing dan mengembangkan profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang.

Buku “Pemasaran 1” terdiri dari 10 Bab yang setiap babnya dilengkapi dengan latihan soal dan studi kasus. Ini membantu para mahasiswa memahami dunia pemasaran saat ini.

Sepuluh bab tersebut mencakup Pengantar Pemasaran, Konsep Dasar Manajemen Pemasaran, Pasar Sasaran dan Segmentasi Pasar, Produk, Merek (Brand), Kemasan dan Label, Harga, Promosi, Saluran Distribusi, dan Hubungan Masyarakat.

2. Buku Pengantar Manajemen Pemasaran

Sebagai pembelajaran awal dalam kuliah, membaca buku pengantar manajemen pemasaran sangat penting. Salah satu pilihan buku referensi manajemen pemasaran adalah karya Miguna Astuti dan Agni Rizkita Amanda.

Buku ini menjelaskan tentang pentingnya manajemen pemasaran dalam dunia bisnis. Manajemen pemasaran merupakan gabungan seni dan ilmu dalam memilih pasar sasaran, menarik, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan melalui penciptaan, pengiriman, dan komunikasi nilai pelanggan yang unggul.

Ruang lingkup pemasaran mencakup definisi pemasaran, cara kerjanya, jenis produk atau jasa yang dipasarkan, serta pelaku pemasaran. Jika Anda adalah seorang mahasiswa manajemen pemasaran, disarankan untuk memiliki buku ini. Ini akan membantu Anda memahami konsep manajemen pemasaran secara menyeluruh.

Buku ini juga ditulis dalam Bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dipahami. Selain itu, harganya terjangkau.

3. Buku Strategi Manajemen Hubungan Pelanggan Dan Orientasi Pasar

Salah satu referensi buku manajemen pemasaran selanjutnya adalah karya Oscarius Yudhi Ari Wijaya. Buku ini didasarkan pada penelitian industri furniture di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.

Buku “Strategi Manajemen Hubungan Pelanggan dan Orientasi Pasar: Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Industri Furnitur di Jawa Timur” dirancang terutama sebagai referensi bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan pemasaran.

Pemerintah telah memberikan kemudahan dalam investasi dan akses bahan baku kayu, yang mendorong perkembangan industri furniture. Bahkan, industri-industri furniture yang sebelumnya mengalami kesulitan selama masa krisis, kini mulai pulih dan bangkit kembali.

Buku ini ditulis dalam Bahasa Indonesia yang membuatnya mudah dipahami. Dengan 136 halaman, buku ini mengisahkan tentang pemulihan pasar ekspor furniture di Jawa Timur setelah mengalami penurunan pada tahun sebelumnya. Tanda-tanda pemulihan pasar ekspor tersebut terlihat pada triwulan pertama tahun 2018, di mana minat pembeli dari pasar lama seperti Eropa Barat dan Amerika Serikat mulai meningkat setelah mengalami penurunan pada tahun 2017.

4.  Buku Manajemen Pemasaran Pariwisata Model Brand Loyalty

Salah satu referensi buku manajemen pemasaran selanjutnya adalah karya Made Bayu Wisnawa dan rekan-rekan. Buku ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di Desa Tangkup, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karang Asem Bali pada Tahun I.

Buku ini secara keseluruhan memberikan kontribusi yang berharga dalam studi Manajemen Pemasaran Pariwisata, karena membahas aspek ontologis, aksiologis, dan epistemologis dari Ilmu Pariwisata.

Bab XII dari buku ini membahas konsep inti pemasaran, konsep pemasaran, marketing mix, atribut daya tarik wisata, perilaku wisatawan, citra destinasi, kesadaran destinasi, kepuasan wisatawan, kualitas layanan wisata, dan loyalitas wisatawan. Bab ini memberikan contoh yang teraplikasi dalam riset pemasaran.

Buku ini merupakan bacaan wajib bagi siapa saja yang tertarik mempelajari pariwisata, terutama dalam bidang pemasaran. Ini juga sangat relevan bagi para pemangku kepentingan pariwisata yang ingin mengembangkan potensi wisata di desa. Hal ini penting mengingat tujuan pemerintah untuk menyebarkan pembangunan nasional hingga ke pelosok desa, dengan dukungan dana desa dan koordinasi dari semua pemangku kepentingan pariwisata.

5. Buku Ajar Manajemen Pemasaran di Era Masyarakat Industri 4.0

Bagi mereka yang tertarik mempelajari transformasi digital di era 4.0, buku karya Achmad Rizal adalah bacaan yang wajib. Buku ajar ini berisi 308 halaman yang menjelaskan evolusi dari pemasaran tradisional ke transformasi digital bagi para pengusaha.

Buku ini secara komprehensif membahas bagaimana banyak perusahaan saat ini harus beradaptasi dengan cepat terhadap metode pemasaran digital. Di era ekonomi digital, konsep Marketing 4.0 mulai diperkenalkan dan dijelaskan secara mendalam dalam buku ini.

Marketing 4.0 adalah pendekatan terbaru dalam pemasaran yang menggabungkan interaksi online dan offline antara perusahaan dan pelanggan, dengan tujuan utama untuk memenangkan dukungan dan advokasi konsumen.

Buku ini menggambarkan perubahan dari konsep manajemen pemasaran yang tradisional ke era Marketing 4.0, yang merupakan era digital saat ini.

6. Buku Model Pemasaran 5.0 (Sinergisitas Human Capital Dan Teknologi Digital) Tahun 2019

Buku manajemen pemasaran yang keenam berjudul “Model Pemasaran (Sinergisitas Human Capital dan Teknologi Digital)”.

Perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini mendorong organisasi bisnis dan non-bisnis untuk mengantisipasi perubahan tersebut sebagai peluang baru yang dapat mendorong perkembangan dan kemajuan organisasi.

Salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bagaimana sebuah organisasi dapat mengintegrasikan human capital sebagai pengelola sumber daya manusia dengan teknologi informasi digital. Buku ini menjelaskan konsep tersebut dari perspektif ilmu pemasaran.

7. Buku Strategi Pemasaran Jasa: Teori Dan Aplikasi Di Indonesia

Dalam dunia ini, terdapat dua sektor yang dominan, yaitu sektor bisnis dagang dan sektor jasa. Kedua sektor tersebut memiliki perbedaan dalam hal pemasaran, terutama karena karakteristik produk yang mereka tawarkan berbeda.

Sektor bisnis dagang menjual produk fisik yang dapat dilihat, disentuh, dan dirasakan, sedangkan sektor jasa menyediakan layanan. Oleh karena itu, dalam bisnis jasa, fokus utama adalah bagaimana pengusaha dapat memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang memuaskan melalui layanan yang disediakan.

Buku manajemen pemasaran yang ke-tujuh ini akan mengulas strategi pemasaran yang seharusnya dilakukan oleh pengusaha atau perusahaan jasa. Buku tersebut menyajikan kajian teoritis dan praktis yang didukung oleh berbagai riset dalam konteks bisnis jasa.

8. Buku Ajar Manajemen Pemasaran Islam

Pemasaran syariah adalah pendekatan dalam bisnis yang melibatkan strategi pemasaran yang mengikuti nilai dan prinsip-prinsip syariah. Dengan kata lain, pemasaran syariah didasarkan pada konsep keislaman yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam buku ini terdiri dari 10 bab yaitu :

BAB 1 : Konsep Pemasaran Secara Umum
BAB 2 : Dasar-dasar Pemasaran Syariah
BAB 3 : Tren dan Perubahan Pasar
BAB 4 : Pengembangan Strategi dan Rencana Pemasaran Islam
BAB 5 : Riset Pemasaran Islam
BAB 6 : Persaingan bisnis dalam Islam
BAB 7 : Ekuitas dan Positioning merek dalam Islam
BAB 8 : Identitas segmen dan target pasar dalam Islam
BAB 9 : Etika dalam pemasaran syariah
BAB 10 : Transaksi yang dilarang dalam pemasaran syariah

9. Buku Pemasaran Dan Manajemen Pasar

Buku pemasaran dan manajemen pasar yang kesembilan ini akan mengkaji perspektif terhadap minat beli dan kepuasan konsumen. Dalam buku tersebut, akan dilakukan analisis yang mendalam terhadap faktor-faktor tersebut dalam konteks pemasaran dan manajemen pasar.

Buku ini terdiri dari beberapa bab, diantaranya :

BAB I : Konsep dasar pemasaran
BAB II : Produk baru dan teknik pengembangannya
BAB III : Pasar dan pemasaran
BAB IV : Lingkungan pemasaran, mikro makro
BAB V : SWOT alternatif strategi
BAB VI : Strategi STP dan Diferensiasi
BAB VII : Marketing Mix Good dan Mix Services
BAB VIII : Siklus hidup produk
BAB IX : Persepsi dan minat beli konsumen
BAB X : Nilai Pelanggan, Kepuasan Konsumen, Mutu Pelayanan
BAB XI : Kegagalan jasa dan pemulihannya
BAB XII : Studi kasus

10. Buku Ajar E-Marketing

Pemasaran digital saat ini sedang menjadi tren di kalangan pebisnis dan perusahaan. Hal ini disebabkan oleh peran teknologi yang telah mengubah berbagai perilaku konsumen, termasuk cara berbelanja, pemilihan produk, dan aspek lainnya.

Buku ini akan memberikan penjelasan tentang bagaimana memanfaatkan teknologi digital dalam kegiatan pemasaran yang sangat relevan di era saat ini. Beberapa poin yang dibahas dalam buku ini antara lain:

  1. Langkah-langkah dalam melakukan pemasaran secara elektronik.
  2. Metode riset pasar yang dilakukan secara online.
  3. Strategi pemasaran konten untuk mencapai target audiens.
  4. Pengembangan pengalaman pengguna yang optimal.
  5. Desain dan pengembangan website yang efektif.
  6. Menulis untuk platform digital.
  7. Pengelolaan hubungan pelanggan secara online.
  8. Optimalisasi mesin pencari untuk meningkatkan visibilitas.
  9. Pemasangan iklan online.
  10. Pemasaran melalui program afiliasi.
  11. Pemasaran melalui video.
  12. Pemanfaatan saluran media sosial dan strategi media sosial.

Buku ini akan memberikan wawasan dan panduan praktis mengenai penggunaan teknologi digital dalam upaya pemasaran yang efektif.

11. Buku Spiritual Marketing

Buku manajemen pemasaran ini, yang ditulis oleh Dr. Adzan Noor Bakri, S.E.Sy., MA.Ek., akan membahas konseptualisasi spiritualitas dalam konteks pemasaran. Selain itu, buku ini juga akan menjelaskan gambaran pasar perbankan syariah di Indonesia, implementasi strategi pemasaran dalam bank-bank syariah di Indonesia, serta implikasi yang timbul dari hal tersebut.

12. Buku Globalisasi Pemasaran (Marketing Globalization)

Buku manajemen pemasaran ke-12 ini, berjudul “Globalisasi Pemasaran” yang ditulis oleh Dr. M. Anang Firmansyah, S.E., ME., dan Dr. Didin Fatihudin, SE., M.Si., membahas tentang pemasaran dalam skala internasional, tidak hanya terbatas pada pasar lokal atau daerah, tetapi juga mencakup strategi pemasaran global. Dengan adanya internet, buku ini menjelaskan bagaimana kita dapat mencapai pasar yang lebih luas atau pasar di luar Indonesia.

Dalam buku ini akan dibagi kedalam 10 bab yaitu :

  • Lingkungan pemasaran global
  • Lingkungan ekonomi luar negeri
  • Lingkungan budaya dunia
  • Pemasaran global
  • Produk global
  • Kebijakan produk global
  • Distribusi pasar luar negeri
  • Distribusi pasar luar negeri dan logistik
  • Promosi global
  • Strategi global

13. Buku Marketing Public Relations –Diantara Penjualan Dan Pencitraan

Perlu kamu ketahui dulu periklanan merupakan elemen yang tak dapat diabaikan bagi para pemilik brand yang ingin meraih popularitas di kalangan masyarakat secara luas. Saat itu, setiap kali konsumen terpapar oleh iklan menarik, mereka akan segera dipicu untuk mengunjungi tempat penjualan tanpa ragu.

Namun kini, dengan hadirnya website orang dapat tahu dulu informasi mengenbai sebuah produk. pada buku manajemen pemasaran ini akan dibahas beberapa BAB sebagai berikut :

  • Marketing dengan paradigma
  • Public relation dengan Paradigma
  • Marketing communication dan marketing public relation
  • Pesan dalam marketing public relations
  • Memberikan pengalaman pada Event aktivitas Marketing Public Relations
  • Menyiapkan set message concept dalam membangun Strategi Marketing Public Relations

14. Buku Manajemen Bisnis Berbasis Teknologi Digital

Buku Manajemen Bisnis Berbasis Teknologi Digital, yang ditulis oleh Dr. R. Zulki Zulkifli Noor, akan membawa Anda dalam perjalanan yang menarik tentang menjalankan bisnis atau usaha di era digital yang sedang berkembang pesat.

Buku ini dimulai dengan memperkenalkan konsep manajemen bisnis digital yang meliputi pemahaman mengenai ilmu manajemen, perkembangan teknologi digital, perkembangan bisnis digital, e-commerce, rencana bisnis digital, serta bisnis jasa berbasis digital.

Buku ini juga menghadirkan contoh-contoh bisnis digital yang inspiratif, memberikan pemahaman mengenai istilah-istilah teknologi digital yang relevan, serta menyajikan strategi-strategi bisnis digital yang efektif. Bagian akhir buku secara khusus membahas pentingnya menerapkan strategi digital marketing yang cerdas dan efisien dalam menjalankan bisnis.

Dengan begitu, buku ini akan memberikan wawasan yang komprehensif dan praktis bagi para pembaca yang ingin memahami dan mengoptimalkan potensi bisnis di era digital yang sedang berkembang pesat.

15. Buku Program Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan merupakan faktor krusial dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Keberadaan loyalitas yang tinggi sangat menguntungkan bagi perusahaan, mengingat biaya yang diperlukan untuk mendapatkan pelanggan baru cenderung lebih tinggi daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Buku ini akan mengulas secara mendalam program-program loyalitas pelanggan berdasarkan hasil penelitian yang terbaru dan fenomena bisnis yang terjadi secara langsung di dunia nyata. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai contoh program loyalitas pelanggan yang diimplementasikan dalam berbagai jenis perusahaan dan industri.

Dengan membaca buku ini, pembaca akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya loyalitas pelanggan dan bagaimana mengembangkan program-program yang efektif untuk mempertahankan pelanggan yang ada serta menarik pelanggan baru.

Akhir Kata

jadi itu adalah beberapa rekomendasi buku manajemen pemasaran, semoga dengan membaca artikel ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman semua. Terimakasih.

FAQ


Buku manajemen apa saja?

15 Buku Terbaik untuk Mahasiswa Kuliah dan Skripsi dalam Manajemen Pemasaran. Jurusan ini merupakan favorit di bidang ekonomi dan bisnis bagi calon mahasiswa baru yang sedang mencari jurusan kuliah. Temukan jawabannya di Greenbook.id

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog