Publikasi Buku

Bagaimana Membuat Cover Buku yang Menonjol

Halo sobat literasi! Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan kamu informasi lengkap terkait Bagaimana Membuat Cover Buku yang Menonjol.

Nah penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk kita simak dibawah ini!

Apa Itu Cover Buku dan Cover Buku Seperti Apa yang Menonjol Itu?

Dikutip dari Greenbook.ID. Cover buku adalah bagian awal yang memperkenalkan buku kepada pembaca biasanya melibatkan sampul buku. Cover buku ini mencakup informasi seperti judul buku, nama penulis, penerbit, dan gambar yang mencerminkan esensi buku tersebut.

Tapi, bukan hanya itu. Cover buku juga memiliki peran penting dengan menyajikan ringkasan atau ulasan isi buku, nomor ISBN, alamat penerbit, dan kadang-kadang bahkan biografi penulis.

Dengan kata lain, Cover buku bisa dianggap sebagai lapisan luar yang melingkupi isi buku itu sendiri, terdiri dari bagian depan dan bagian belakang.

Cover buku sangat berperan dalam menentukan sejauh mana buku tersebut bisa menarik minat pembeli. Oleh karena itu, desain cover buku haruslah menonjol dan menarik.

Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan proses perancangan yang melibatkan beberapa tahap. Tahap pertama adalah menentukan konsep desain untuk cover buku ini.

Dalam hal ini, kita menggunakan konsep desain yang disebut “Prasi”, yang sesuai dengan judul buku, yaitu “Lontar”.

Nah jadi cover buku yang menonjol itu adalah cover yang dapat memikat orang lain untuk membaca/membeli buku hanya dengan melihat covernya saja.

Bagaimana Sih Membuat Cover Buku yang Menonjol

Setelah kamu mengetahui apa itu cover buku, akhirnya kita masuk ke pembahasan utama yaitu bagaimana cara membuat cover buku yang menonjol dan menarik tentunya.

1. Mulai Dari Genre Buku

Genre buku yang kamu suka bakal punya pengaruh besar pada desain cover buk. Misalnya, kalau kamu suka banget sama cerita romantis, cover bukumu pasti beda banget sama buku yang ceritanya bertema distopia (setidaknya, itu yang kita harapkan).

Orang yang suka beli buku dalam genre tertentu biasanya punya ekspektasi tertentu tentang bagaimana tampilan sampulnya. Jadi, sampul bukumu tuh kayak kode visual yang bantu pembeli langsung tahu kategori bukumu.

Karena ada banyak banget genre yang berbeda, kita gak bisa bahas semuanya di sini, tapi saran saya, kamu bisa cek di Amazon, Pinterest, atau toko buku dekat kamu, lihat aja sampul buku-buku dalam genre yang kamu suka.

2. Buat Menggunakan Hati

Ketika kamu lagi melakukan penelitian, saran saya coba kamu bikin papan pribadi di Pinterest. Di situ, kamu bisa simpan gambar desain sampul buku yang kamu suka. Gambar-gambar ini nantinya bisa kamu gunakan sebagai inspirasi buat desain sampul bukumu sendiri.

Semakin banyak gambar sampul buku yang kamu simpan (minimal 50), kamu akan mulai melihat pola-pola. Pola-pola ini akan membantu kamu tahu apa yang kamu suka dari desain sampul buku, yang juga harus mencerminkan kepribadian dan gayamu dalam desain sampulmu sendiri.

3. Gunakan Font yang Mudah Di Baca

Ada dua cara untuk pilih font buat cover bukumu terlihat menonjol. Kamu bisa pilih salah satu yang cocok banget buat nyambungin kamu dan bukumu. Font ini gak harus jadi pusat perhatian, tapi jadi bagian penting dari desainnya.

Walaupun desainnya bisa lebih abstrak daripada gambar, tetap penting buat menjaga agar tulisannya tetap mudah dibaca. Jadi, gak perlu bikin sulit buat orang buat baca tulisanmu, ya!

4. Simpel dan Sederhana

Kesederhanaan Itu Selalu Oke.

Walaupun otak kita bisa ngolah gambar lebih cepat daripada teks sebanyak 60.000 kali lipat, tapi kamu gak usah ribet-ribet bikin cover buku yang ramai atau penuh warna, gak perlu juga tuh penuhin sampul dengan berbagai macam hal di latar belakang, warna-warni yang ribet, atau font-font aneh yang bikin bingung. Itu malah bikin orang gak tertarik buat ambil bukumu dari awal

Ciri-Ciri Cover Buku yang Baik

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membuat cover buku yang menonjol, kamu juga perlu mengetahui ciri-ciri cover buku yang baik. Penasaran seperti apa pembahasannya? Silahkan simak dibawah ini!

Cover buku ingin dikatakan baik maka harus memiliki ciri-ciri berikut ini:

1. Memenuhi Unsur Cover Buku

Salah satu ciri utama dari sebuah cover buku yang menarik adalah kemampuannya untuk memenuhi unsur-unsur yang ada pada cover buku.

Terdapat lima unsur penting yang harus ada dalam sebuah cover buku, yaitu nama penulis, nama penerbit, judul buku, sinopsis buku, dan juga unsur estetika yang menarik.

Keberadaan kelima unsur ini akan menandakan bahwa cover buku tersebut merupakan cover yang luar biasa.

2. Menarik Perhatian Pembeli

Selain judul, penulis, dan cerita buku, terdapat faktor-faktor lain yang berperan penting dalam memengaruhi keputusan pembaca dalam membeli buku.

Salah satu faktor tersebut adalah desain cover buku yang dapat menjadi daya tarik bagi pembeli.

Jika sampul buku mampu menarik minat pembaca untuk membelinya, maka hal ini menunjukkan bahwa desain cover buku tersebut dapat dikategorikan sebagai desain yang menarik.

3. Relavan Dengan Tema Buku

Tema atau genre sebuah buku dapat dikenali dan dibedakan melalui tampilan covernya. Sebuah cover buku dikatakan menarik jika mampu mencerminkan tema yang diangkat dalam buku tersebut dan sejalan dengan cerita yang disajikan.

4. Mudah Difahami Pembeli

Penting untuk diingat bahwa cover buku bukan hanya tentang estetika semata, tetapi juga harus mampu merepresentasikan isi dari buku yang diterbitkan.

Meskipun memperhatikan keindahan visual, cover buku harus tetap mempertahankan kemampuan untuk dengan mudah dipahami, sehingga menjadi sebuah cover buku yang luar biasa.

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara membuat cover buku yang menonjol, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah pemahaman kita semua! Terimakasih telah membaca!

Tinggalkan komentar

Previous
Next

Latest Blog